Mohon tunggu...
Hana  Anisa
Hana Anisa Mohon Tunggu... Tenaga Pendidik - Surakarta

Tenaga Pendidik - Surakarta - tertarik pada dunia literasi, pendidikan anak, relawan.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tips Mengelola Keuangan Selama Ramadan, Keuangan Aman Puasa Lancar

18 April 2021   23:05 Diperbarui: 18 April 2021   23:53 236 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Mengelola Keuangan Selama Ramadan,  Keuangan Aman Puasa Lancar
https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/perencanaan-keuangan-untuk-asn-perlukah

Jangan sepelekan masalah uang karena uang bisa menjadi sumber kebahagian, tapi uang juga bisa menjadi sumber kesengsaraan bagi seseorang. Masalah uang menjadi topik pembahasan hangat akhir - akhir ini. Banyak topik pengelolaan keuangan yang diadakan oleh para pakar keuangan. Mereka mengajak masyarakat untuk lebih melek keuangan. Mengikuti pembahasan yang mereka paparkan, membuat kita semakin sadar bahwa ternyata uang harus kita kelola dengan baik dan bijaksana. Banyak orang di luar sana yang hidup bahagia karena berhasil dalam pengelolaan keuangan, tapi juga banyak dari mereka yang hancur karena tidak mampu mengelola keuangannya. 

Maukah kita menjadi orang yang pandai dalam mengelola keuangan, atau tidak? 

Bulan ramadan bisa menjadi pijakan awal bagi kita untuk mulai menyadari pentingnya mengelola uang. Di bulan ini tidak hanya masalah ibadahnya saja yang istimewa, tetapi juga bulan ramadan  membuka pintu rejeki bagi umat muslim. Ada sumber penghasilan yang bisa kita manfaatkan dari momen puasa ini. Selain menambah rezeki, bulan ramadan juga menambah pengeluaran kita. Maka, belajar mengatur keuangan selama bulan ramadan tidak ada salahnya. Kita yang masih pemula ini, bisa jadi akan memperoleh ilmu dan manfaat dari proses mengelola keuangan. Yuk kita belajar bersama. 

Inilah beberapa tips mengelola keuangan selama bulan ramadan yang ingin saya bagikan kepada teman - teman. 

https://money.kompas.com/read/2020/11/13/190500926/pekerja-dengan-penghasilan-di-bawah-rp-60-juta-per-tahun-masih-dapat-subsidi
https://money.kompas.com/read/2020/11/13/190500926/pekerja-dengan-penghasilan-di-bawah-rp-60-juta-per-tahun-masih-dapat-subsidi

1 . Catat setiap penerimaan yang ada 

Bulan ramadan menjadi bulan yang istimewa bagi sebagian besar umat muslim. Istimewanya bulan ramadan karena kita bisa menambah pundi - pundi rupiah. Ada sumber tambahan penghasilan bagi kita yang mau memanfaatkan momen ini. Untuk itu, jangan lupa untuk mencatat penghasilan yang bisa kita dapatkan di bulan puasa ini. Terdapat 3 kategori sumber penghasilan yang harus kita sadari, yaitu :

  • Sumber penghasilan dari perusahaan

Bagi kita yang bekerja di perusahaan atau instansi apapun, gaji menjadi sumber penghasilan  yang setiap bulan pasti akan kita dapatkan. Pencatatan gaji bisa kamu lihat dari slip gaji yang kamu terima setiap bulan. Pada bulan ramadan, perusahaan juga akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pegawainya. THR menambah penghasilan kita di bulan puasa.

  • Sumber penghasilan sampingan

Selain dari gaji bulanan, ada sebagian dari kita yang memiliki penghasilan sampingan. Terlebih lagi kita yang hidup di era digital ini menjadi keberuntungan bagi kita dalam mumbuka pintu rezeki. Kemudahan dan kecanggihan teknologi memberikan kita ruang untuk berkarya dan berinovasi.  Ada yang membuka online shop, menjadi freelancer, content creator,  selebgram, youtuber, menjadi ojek online sepulang kerja dan lain sebagainya. Penghasilan sampinganmu ini berapapun jumlahnya jangan sampai terlewat dari pencatatan ya. 

  • sumber penghasilan di bulan ramadan 

Sumber penghasilan tambahan di bulan ramadan bagi kamu yang mau memanfaatkannya. Contohnya kamu berjualan takjil, kurma, pakaian, kue lebaran, amplop lebaran dan lain sebagainya. Semua yang berbau khas bulan ramadan menjadi sesuatu yang diburu oleh masyarakat. Kamu bisa memproyeksikan penghasilan yang bisa kamu dapatkan selama sebulan. Penghasilan yang kamu dapatkan selama bulan puasa jangan lupa dicatat juga ya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN