Mohon tunggu...
Hana  Anisa
Hana Anisa Mohon Tunggu... Administrasi - Tenaga Pendidik - Surakarta

Tenaga Pendidik - Surakarta - tertarik pada dunia literasi, pendidikan anak, relawan.

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Menu Berbuka Puasa, Setup Makaroni Makanan Khas Kota Solo

17 April 2021   22:34 Diperbarui: 17 April 2021   23:22 1067
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alhamdulillah, kita sudah memasuki bulan puasa hari ke lima. Di tengah padatnya aktivitas selama bulan ramadan, kompasiana dan cordela hotel mengadakan mini challenge Vlog IG TV dengan tema : Menyiapkan Menu Berbuka Puasa. Semakin seru saja Samber THR yang diadakan oleh kompasiana ini. Bikin gregetan dan ini menjadi pengalaman pertama bagiku dalam membuat konten video IGTV. Kalau ini sih benar - benar tantangan untukku. Belum pernah bukan berarti harus menyerah kan?

Di tantangan kali ini, aku akan mempersiapkan menu buka puasa yang spesial yaitu setup makaroni. Makanan khas dari kota Solo ini menjadi pilihanku karena memang aku sangat suka dengan setup makaroni. Selain itu, ada tujuan khusus yaitu aku juga ingin mengajak teman - teman untuk lebih mengenal salah satu menu khas dari daerahku. Sebelum mulai membahas tentang bagaimana cara memasaknya, aku ingin memberitahukan kisah tentang setup makaroni. 

  • Setup makaroni, makanan khas Kota Solo peninggalan jaman Belanda

Berdasarkan dari beberapa sumber, konon katanya setup makaroni ini merupakan makanan peninggalan bangsawan belanda. Enggak salah sih, dilihat dari komposisinya,  perpaduan antara makaroni, susu, keju dan telur sama seperti makanan pasta carbonara khas bangsawan. Setelah jaman kolonial belanda berakhir, setup makaroni menjadi sajian makanan untuk acara - acara besar yang diadakan oleh keraton Solo. 

Sekarang tidak hanya bangsawan dan pihak keraton saja yang bisa menikmati makanan ini. Semua masyarakat bisa merasakan enaknya makanan ini. Bahkan saat ini setup makaroni menjadi salah satu makanan khas kota Solo yang diburu oleh para wisatawan. Untuk teman - teman yang nanti berkunjung ke kota Solo, jangan lupa ya untuk mencoba cita rasa setup makaroni ini. Dijamin rasanya mantap, gurih dan bikin kangen. 

  • Setup makaroni, makanan favoritku sejak kecil

Sejak kecil setup makaroni menjadi salah satu menu favoritku. Setiap kali ada setup makaroni, aku bisa nambah makan 2 - 3 kali. Makanan ini juga menjadi makanan yang aku perebutkan dengan kakakku ketika kami kecil. Pertengkaran kecil muncul hanya karena makanan ini. Rasa cintaku dengan cita rasa dari setup makaroni tidak pernah hilang sampai sekarang. Setup makaroni tetap menjadi salah satu makanan favoritku. Tidak hanya sebagai menu favorit, setup makaroni juga menjadi makanan yang selalu aku inginkan ketika aku sakit. Biasanya ketika demam, batuk pilek aku selalu meminta ibu untuk membuatkan atau membelikan ini. 

  • Setup makaroni disajikan untuk acara - acara tertentu

Di Kota Selo, setup makaroni bisa menjadi salah satu alternatif hidangan makanan untuk berbagai acara. Beberapa kali aku menemukan makanan ini disuguhkan untuk acara arisan, PKK, pengajian dan lain sebagainya. Kalau di keluargaku, setup makaroni menjadi menu wajib yang harus ada saat lebaran. Biasanya kakak sepupu atau budeku tidak pernah lupa untuk memasak setup makaroni. 

Nah, untuk ramadan hari ke empat ini, aku ingin sekali berbuka puasa dengan menu setup makaroni. Aku sudah request pada ibu untuk mengajariku memasak menu ini sejak hari Kamis ketika mini challenge diumumkan. Aku pun mengeksekusinya hari ini. Jam 2 siang tadi aku mulai mempersiapkan bahan - bahan dan bumbunya. Semuanya sudah dibeli dan tersedia kemudian aku mulai mencicilnya. Aku mengiris bawang bombay, sosis, mengocok telur dan mencuci ayam serta makaroni. Untuk eksekusi memasaknya baru dimulai sekitar jam 4 lewat. Dengan dipandu ibu, aku memasak setup makaroni makanan favoritku. 

Bahan - bahan dan bumbunya  sangat mudah didapatkan di pasar atau swalayan. Cara memasaknya pun juga sangat mudah. Kamu pun juga bisa mencoba membuatnya di rumah. Ini dia resep dan cara membuatnya. 

dok. pribadi 
dok. pribadi 

Bahan -Bahan :

  • 1 ons Makaroni rebus ukuran kecil 
  • 2 kepala ayam atau ayam suwir 
  • Sosis 
  • 1 Telur
  • 1 sachet susu putih bubuk
  • keju (optional)
  • 2 gelas air 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun