Mohon tunggu...
Hamzah Hafiz Azkiyuddin
Hamzah Hafiz Azkiyuddin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

KKN UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

KKN Tematik UPI: Pentingnya alat bantu pengajaran yang sesuai dengan pembelajaran daring di taman kanak-kanak

24 Juli 2021   21:58 Diperbarui: 24 Juli 2021   22:19 925
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hamzah Hafiz Azkiyuddin - Mahasiswa KKN Tematik UPI 2021

Penyebaran virus Corona menjadi topik terbesar di tahun 2020 karena mengubah kondisi dunia dengan begitu cepat. Virus yang ditemukan di Wuhan, Tiongkok pada tahun 2019 ini menyebar ke seluruh dunia dan hingga saat ini kasus meninggal karena terpapar virus Corona mencapai 4 juta orang. Indonesia termasuk negara yang terdampak yang cukup besar oleh virus tersebut.  Hal ini dapat dilihat dari persentase kematian yang cukup tinggi dibandingkan negara lain yaitu 2.76 %.

Seluruh masyarakat dunia kini memiliki kewajiban baru untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona ini, diantaranya dengan mencuci tangan dengan sabun ketika kembali dari luar rumah, menjaga jarak satu sama lain minimal 1 meter, dan memakai masker ketika keluar rumah.  Pemerintah Indonesia juga menerapkan kebijakan pembatasan gerak skala besar seperti antar kota provinsi maupun kota besar. Kebijakan tersebut dinamakan dengan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia yang memiliki jumlah kasus infeksi Corona yang tinggi. Di bidang pendidikan, pemerintah mewajibkan seluruh murid-murid sekolah untuk belajar dari rumah dengan menggunakan cara pembelajaran daring (online).

Secara definisi, Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Untuk mendukung keberlangsungan pembelajaran daring, saat ini banyak website dan aplikasi yang telah dibuat oleh perusahaan ataupun individu pegiat teknologi informasi, contohnya website dan aplikasi seperti Zoom, Google Classroom, Whatsapp, dan lain-lain. Namun kebanyakan website dan aplikasi itu ditujukan untuk murid-murid dan masyarakat umum yang sudah memiliki pengalaman menggunakan perangkat komunikasi dan juga perangkat komputer. Dan  masih sangat sedikit website dan aplikasi yang mudah digunakan oleh murid-murid yang belum terbiasa menggunakan perangkat komunikasi dan komputer, terutama murid-murid jenjang pendidikan taman kanak-kanak. Disamping itu banyak guru TK yang kurang memahami bagaimana mencari aplikasi yang cocok untuk dijadikan alat bantu pembelajaran yang dapat menolong murid-murid TK dalam menggunakan website dan aplikasi pembelajaran daring, sehingga masih banyak guru TK yang cenderung menggunakan lisan saja ketika melakukan pengajaran daring.

Saat ini Universitas Pendidikan Indonesia sedang mengadakan Kuliah Kerja Nyata yang bertema "KKN Tematik Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi Dalam Implementasi MBKM Pada Masa Pandemi" pada mahasiswanya. KKN ini dilaksanakan secara daring di tempat mahasiswa tinggal masing-masing karena kondisi saat ini yang masih kurang aman untuk melaksanakannya aktivitas KKN secara tatap muka. Salah satu tujuan dari program KKN ini adalah membantu masyarakat yang terdampak wabah virus Corona, terutama di bidang pendidikan dan ekonomi. Mahasiswa yang memilih KKN di bidang pendidikan akan membantu salah satu sekolah di jenjang pendidikan TK/SD/SMP/SMA atau SMK di wilayah masing-masing dan membantu sekolah tersebut dengan pendekatan menguatkan pembelajaran daring, membantu administrasi sekolah, mendampingi siswa belajar, memberi edukasi bahaya dan cara-cara menghadapi virus Corona kepada murid-murid, dan juga pendekatan-pendekatan lain.

Hamzah Hafiz Azkiyuddin, salah satu peserta KKN Tematik UPI 2021 yang merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, melaksanakan kegiatan memberi edukasi tentang wabah virus Corona kepada murid-murid TK-A dan TK-B di TK Ihsan Ayumi yang berlokasi di Ciomas, Kabupaten Bogor. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting kepada murid-murid TK Ihsan Ayumi. Topik utama yang diambil adalah "Mengapa harus belajar dari rumah?". Topik tersebut diangkat dengan tujuan agar murid-murid TK memahami kenapa kondisi saat ini tidak memungkinkan belajar, bermain dan beraktivitas di sekolah secara langsung dan pentingnya belajar dari rumah. Untuk mencapai tujuan itu, dalam kesempatan ini Hamzah mencoba menggunakan aplikasi bantuan yang masih belum terlalu populer yang bernama Quizizz.

Quizizz merupakan sebuah website yang dapat membuat sebuah quiz dengan cukup mudah. Hal yang membedakan Quizizz dengan website serupa yang lain diantaranya adalah Quizizz dilengkapi dengan user interface yang dapat menarik perhatian murid-murid. Penggunaan warna yang menarik perhatian, atau catchy, dapat dilakukan agar murid-murid TK merasakan seolah-olah sedang bermain game.  Dengan pendekatan ini diharapkan murid-murid dapat  fokus pada materi quiz seperti saat mereka fokus bermain game. Tema gambar background quiz pun dapat disesuaikan dengan tema quiz, seperti gambar mobil-mobilan, binatang, dan lain-lain yang akrab dengan murid-murid TK. Kemudian website Quizizz juga dilengkapi dengan background music dan sound effect yang menarik, tidak seperti kebanyakan website quiz lain yang tanpa suara. Background music dan sound effect ini melengkapi fitur penambahan gambar pada soal dan pilihan jawabannya sehingga terasa lebih dramatis dikarenakan efek visual dan pendengaran yang saling mendukung. Fitur ini terutama sangat berguna bagi murid-murid TK yang masih belum lancar membaca, dan pemahaman diperoleh tidak hanya melalui informasi berupa tulisan di monitor, tetapi juga melalui informasi visual dan pendengaran  secara langsung dicerna oleh murid-murid TK, yang kesemuanya menguatkan pemahaman dan memberi pengalaman quiz yang menyenangkan bagi mereka.

Contoh soal yang digunakan ketika kelas edukasi virus Corona di Tk Ihsan Ayumi
Contoh soal yang digunakan ketika kelas edukasi virus Corona di Tk Ihsan Ayumi

Dalam kegiatan edukasi virus Corona di TK Ihsan Ayumi, Hamzah mencoba menggunakan aplikasi Quizizz untuk membuka kelasnya. Hamzah membuat beberapa soal yang berkaitan dengan virus Corona agar menarik perhatian murid-murid TK yang masih sulit untuk berdiam di depan perangkat komunikasi (hp) maupun perangkat komputer (laptop) mereka. Pertanyaan quiz difokuskan pada pengetahuan dasar mengenai virus Corona, contohnya seperti "Apa yang harus dikenakan ketika keluar rumah?". Semua soal dibuat dengan penambahan gambar agar murid-murid yang belum lancar membaca pun dapat menikmati quiz. Strategi tersebut kelihatannya berhasil dalam menarik perhatian mereka, hal ini dapat dilihat dari murid-murid TK yang langsung fokus pada layar hp/laptop dan menjawab soal dengan sangat semangat.

Sebagai kesimpulan, website quiz yang memberi efek visual dan pendengaran seperti Quizizz sangat diperlukan sebagai alat bantu pembelajaran daring di TK. Hal ini karena cara menggunakannya yang cukup mudah, dilengkapi dengan fitur yang dapat menarik perhatian murid-murid TK, sehingga para guru dan murid-murid dapat melaksanakan pembelajaran daring yang lebih optimal. Guru-guru di TK Ihsan Ayumi pun memberikan nilai positif dalam sesi pembelajaran mereka menggunakan Quizizz.

Hamzah Hafiz Azkiyuddin

Mahasiswa KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI 2021

Kelompok 30 Kampus Bumi Siliwangi

DPL : Oktaviana Nur Ajid, M.Pd.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun