Mohon tunggu...
Muhammad Hamid Habibi
Muhammad Hamid Habibi Mohon Tunggu... Guru - Calon guru

Belajar lagi... Belajar mendengarkan, belajar memahami, belajar mengatur waktu, belajar belajar belajar... belum terlambat untuk belajar...

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tips Memilih Kos atau Kontrakan bagi Mahasiswa di Masa Pandemi

12 Juni 2021   19:37 Diperbarui: 12 Juni 2021   20:12 276 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Memilih Kos atau Kontrakan bagi Mahasiswa di Masa Pandemi
Rumah kos (foto dari bogor.suara.com)

Pandemi corona sudah berjalan lebih dari setahun lamanya, pun demikian perkuliahan di kampus juga menyesuaikan kondisi. Kelas online alias daring dijalankan agar perkuliahan tetap berjalan, dengan sistem daring ini mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan dari manapun yang penting ada jaringan internet yang stabil.

Perkuliahan daring sepertinya berjalan cukup lancar, para mahasiswa dan dosen sudah mulai terbiasa dengan tatap muka lewat laptop atau gawai masing-masing. Kampus pun terlihat lenggang, hanya ada dosen, staf dan beberapa mahasiswa semester atas yang sibuk dengan tugas dan revisinya. Sepertinya bisa tetap berjalan di tengah pandemi corona. 

Berbeda dengan perkuliahan yang masih bisa beradaptasi di tengah masa pandemi, dunia per kos an dan kontrakan di sekitar kampus sangat terimbas cukup parah. Dengan adanya kuliah daring maka mahasiswa tak perlu lagi datang ke kampus setiap hari/ saat ada jam kuliah. Mereka bisa mengikuti daring dari rumah masing-masing. Nah efeknya banyak kamar kos dan rumah kontrakan sekitar kampus yang kosong melompong tanpa penghuni. Padahal biasanya selalu penuh dengan mahasiswa indekos yang datang dari luar kota. 

Tak jarang saking banyaknya permintaan, empunya kos dan rumah kontrakan memasang harga mahal untuk sewa. Apalagi kalau lokasinya di dekat kampus di mana ke kampus bisa ditempuh dengan jalan kaki, otomatis harganya lebih mahal lagi. 

Nah di masa pandemi dengan perkuliahan sistem daring ini, masihkah mahasiswa membutuhkan kos atau rumah kontrakan??? Saya rasa masih sangat perlu, alasannya pun cukup banyak menurut saya. Antara lain: 

- Kamar kos diperlukan untuk menyimpan barang-barang, walaupun kuliah daring namun sekali dua kali dalam sebulan atau beberapa bulan sekali pastinya kita butuh ke kampus. Apalagi mahasiswa semester akhir yang sibuk dengan skripsi dan kelulusannya. 

- Kuliah di kos lebih nyaman dari pada di rumah. Di kos kita bisa fokus untuk belajar tanpa bingung dengan pekerjaan rumah, apalagi kalau di rumah ada tetangga yang suka nyinyir auto tambah gak fokus kuliah, jadi mending ngekos aja sekalian kuliah daring dari kos. 

Dan alasan lain-lainnya, tergantung si Mahasiswa sih. Misal mahasiswa dari luar pulau, dari pada bolak balik mending stay di kos selama perkuliahan online. 

Mumpung masa pandemi, kita bisa ni nyari kost dengan harga murah dan fasilitas yang tidak mengecewakan. Berikut tips nyari kos atau rumah kontrakan bagi mahasiswa selama pandemi:

1. Cari kost atau kontrakan yang agak jauh dari kampus. Seperti rumus di atas tadi semakin dekat dengan kampus maka harga sewa semakin mahal. 

Jadi cari saja kost atau kontrakan yang jauh dari kampus, dengan kamar yang luasnya sama dan fasilitas yang sama pasti lebih murah yang jauh dari kampus. Apalagi di masa pandemi kayak gini, bisa dapat harga yang lebih miring lagi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x