Muhammad Hamid Habibi
Muhammad Hamid Habibi pelajar/mahasiswa

Belajar lagi... Belajar mendengarkan, belajar memahami, belajar mengatur waktu, belajar belajar belajar... belum terlambat untuk belajar...

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Indonesia Pastikan Satu Wakil di Final German Open 2018, Tapi..

10 Maret 2018   12:10 Diperbarui: 10 Maret 2018   12:15 1094 3 3
Indonesia Pastikan Satu Wakil di Final German Open 2018, Tapi..
Ganda putra Hendra/Ahsan akan melawan Juniornya di semifinal nanti (dok. olahraga.kompas.com)

Gelaran turnamen badminton German Open 2018 sudah mulai mencapai klimaknya. Ada 5 wakil Indonesia yang tadi pagi (waktu Indonesia) bertanding dalam memperebutkan tiket semifinal turnamen ini. Hasilnya tidak terlalu memuaskan karena dari 2 wakil sektor tunggal, 2 wakil ganda putra dan 1 wakil ganda campuran hanya dua wakil saja yang berhasil lolos ke babak semifinal yang akan digelar hari sabtu ini. Kedua wakil yang lolos ini berasal dari ganda putra yakni ganda senior Hendra/Ahsan dan juniornya Fajar/Rian.

Pada pertandingan semifinal kemarin Hendra/Ahsan berhasil mengalahkan unggulan ke-4 turnamen ini Lee/Lee dari Taipei dengan dua set langsung 21-13, 22-20 dalam kurun waktu setengah jam saja. Sedangkan Fajar/Rian kembali menorehkan trend positifnya ditahun ini dengan mengalahkan ganda Korea selatan Kim Won Ho/Seung Jae Seo. Fajar/Rian yang menepati unggulan ketujuh berhasil mengalahkan ganda Korea ini dengan dua set langsung 21-16, 21-16 selama 34 saja.

Sayangnya kemenangan kedua ganda ini tidak diikuti oleh ketiga wakil Indonesia yang lain. Ginting dan Jonathan Cristhie serta pasangan ganda campuran baru Jordan/Melati harus mengakui keunggulan lawan-lawannya di perempat final kemarin. Jordan?Melati yang bermain pertama harus menelan kekalahan dari pasangan Denmark Nohr/Thygesen melalui rubber game yang cukup sengit dengan skor 21-17, 22-24, 16-21 untuk kemenangan Denmark dalam waktu satu jam. Di tunggal putra Jojo panggilan Jonathan Christie harus menyerah atas lawannya tunggal Jepang Kenta Nishimoto dengan skor 21-10, 22-20 dalam waktu 47 menit.

Kekalahan Jojo ini juga diikuti tunggal putra lainnya yang menjadi unggulan ke-5 yaitu Anthony Shinisuka Ginting yang kalah dari  Shi Yuqi dari China yang menjadi unggulan ke-3. Walaupun kalah peringkat Ginting berjuang keras hingga memaksakan rubber game walau akhirnya menelan kekalahan. Shi Yuqi berhasil mengalahkan Ginting dengan skor 21-17, 18-21 dan 21-18 dalam waktu satu jam tujuh menit.

Sayangnya dua wakil Indonesia yang lolos ke semifinal German Open ini harus bertemu dan saling mengalahkan hari ini. Hendra/Ahsan akan melawan juniornya Fajar/Rian untuk memperebutkan satu tiket final yang akan diselenggarakan pada hari minggu nanti. Siapapun pemenang dari duel ini akan menghadapi pemenang dari laga antara unggulan ke-6 dari Jepang Inoe/Kaneko melawan Ganda Malaysia Goh/Tan pada hari yang sama.

Dengan tidak ikutnya dua peringkat teratas dunia duo minion dan pasangan gaek Boe/Moegensen, tentu ajang German Open ini menjadi tempat pembuktian bagi ganda putra lain untuk menjuarai turnamen ini. Semoga Indonesia berhasil membawa gelar juara di turnamen ini pada nomer ganda putra tentunya yang sudah jelas mengirim satu wakilnya ke babak final.

Bagi sector yang lain walaupun sudah tersingkir dari gelaran German Open tetaplah bersemangat, karena minggu depan sudah ada turnamen bergengsi All England yang akan dimulai. Semoga Indonesia bisa mendapat banyak gelar pada gelaran tahun ini, amin.