Mohon tunggu...
Hamdanul Fain
Hamdanul Fain Mohon Tunggu... Penulis - Antropologi dan Biologi

Membuat tulisan ringan. Pernah drop out dari Harian Lombok Post-Grup Jawa Pos karena tergiur beasiswa.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Dua Hal Menyebalkan dalam Perjalanan Bali-Lombok Jalur Laut

10 September 2022   22:10 Diperbarui: 10 September 2022   22:27 112 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernah naik kapal laut dari Padang Bai, Bali, menuju Lembar, Lombok? Menyenangkan? Ya, tentu ada, tapi kadang ada 'dongkolnya' juga. Nah, soal dongkol, ada dua hal menyebalkan ketika melakukan perjalanan lewat jalur laut Bali-Lombok.

Pertama, selalu ada asap rokok meskipun sudah tertulis dilarang merokok. Bagi perokok, tentu ini dianggap biasa. Namun, bagi kami yang bukanlah perokok, merasa risih karena harus menyedot racun.

Umumnya, perokok di kapal, menikmati rokoknya di luar ruang penumpang. Menyedot racun sambil menikmati pemandangan dan bercengkrama dengan sesama perokok.

Sesekali waktu ada saja yang egois merokok di dalam ruang penumpang. Mau keluar, ada asap rokok, tetap di dalam, tidak tahan asap mengepul di tempat. Serba salah.

Kedua, terkadang jam berangkat dan sandar molor jauh. Satu sampai dua jam menunggu dengan harap-harap cemas. Keterlambatan ini sering lebih disebabkan minimnya fasilitas sandar kapal. Dua atau tiga labuhan sandar dirasa masih kurang.

Kapal satu harus menunggu kapal lain ketika hendak sandar. Satu sampai dua jam hanya terapung diam bersama bosan sesekali menyapa.

Menyebalkan atau tidak, tentu relatif. Menyesuaikan dengan keadaan dan kebiasaan masing-masing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan