Mohon tunggu...
Hamdanul Fain
Hamdanul Fain Mohon Tunggu... Penulis - Antropologi dan Biologi

Membuat tulisan ringan. Pernah drop out dari Harian Lombok Post-Grup Jawa Pos karena tergiur beasiswa.

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Menulis di Kompasiana Dapat Terbitkan Buku

8 September 2022   07:16 Diperbarui: 8 September 2022   07:18 151 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Kompasiana tempat para penulis hebat berkumpul. Disiplin menulis dengan karya yang enak dibaca. Sebaliknya, saya masih jarang menulis di kompasiana, kurang disiplin dan masih banyak kekurangan di sana sini.

Saya sendiri lupa-lupa ingat sejak kapan. . membuat akun. Kalau tidak salah antara 2012 akhir atau 2013 awal. Jika dihitung sejak tahun tersebut, maka sudah hampir 10 tahun ada di kompasiana. Namun, tulisan yang dihasilkan tidak banyak karena kurang konsisten dalam memanfaatkan kompasiana untuk berlatih menulis.

Banyak yang belakangan membuat akun malah tulisannya sudah segudang dan enak dibaca. Itu karena mereka disiplin menulis dan terus mengasah kemampuannya. Banyak yang menjuarai lomba-lomba, mendapat k-rewards, dan menerbitkan buku-buku.

Nah, perkara yang terakhir di atas, biarpun jarang-jarang menulis di kompasiana, ternyata satu buku saya berjudul "Telegram" Sebuah Kerumunan Puisi, terbit Juli 2021. Berisi 117 puisi yang sebagian besar muncul di kompasiana dan sisanya hanya ada di dalam leptop atau catatan harin. 

Ya, memang menerbitkan sendiri di penerbit Haura, Sukabumi. Akan tetapi, ada kebahagiaan tersendiri ketika melihat kumpulan puisi di kompasiana dapat terbit menjadi satu buku yang tergeletak di lemari koleksi.

Saya cukup menyesal karena kurang konsisten dalam menulis di kompasiana. Padahal, berkat menulis di sini dapat menerbitkan buku walaupun secara self publishing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan