Mohon tunggu...
Hamdanul Fain
Hamdanul Fain Mohon Tunggu... Anthropology & Biology Lovers

Anthropology & Biology lovers

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Ikut Pertemuan Daring Tanpa Instal Aplikasi Zoom di Telepon Genggam, Ternyata Mudah

23 Juni 2020   08:02 Diperbarui: 23 Juni 2020   08:38 383 5 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ikut Pertemuan Daring Tanpa Instal Aplikasi Zoom di Telepon Genggam, Ternyata Mudah
bnc.co.id


Wabah covid-19 ini memaksa kita untuk mengurangi intensitas pertemuan secara langsung. Rapat, seminar, pelatihan, ataupun sekedar silaturahmi teman semasa sekolah atau kuliah terpaksa beralih menjadi pertemuan daring.

Ada banyak fasilitas pertemuan daring yang dapat dimanfaatkan, seperti zoom, google meet, webex, dan beberapa lainnya. Malahan aplikasi media sosial sekarang mulai ikut-ikutan mengambil celah ini dengan mencoba memberikan fasilitas panggilan video dengan lebih dari satu orang. Diantara fasilitas pertemuan daring tersebut, zoom ternyata paling populer dan banyak dipergunakan untuk keperluan seminar daring atau webinar.

Menjalankan aplikasinya di laptop menjadi pilihan terbaik karena cukup mudah menggunakannya. Dapat juga digunakan di telepon genggam android kesayangan. Akan tetapi, harus menginstal aplikasi terlebih dahulu. Ternyata downloadnya masih gratis di playstore. Bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, penggunaan aplikasi di telepon genggam adalah pilihan terbaik. Hanya saja, seringkali menimbulkan efek samping, seperti baterai cepat habis dan gawai kesayangan menjadi lemot gilaaa!

Nah, lantas muncul pertanyaan, apakah bisa menggunakan zoom di telepon genggam tanpa perlu menginstal aplikasinya?

Ternyata bisa! Cukup mudah.

Langkah pertama, cukup dengan membuka websitenya melalui telepon genggam. Klik tiga titik di sebelah pojok kanan atas. Cari pilihan tampilan desktop, lalu centang. Tampilan mode beralih seketika dari khusus mobile ke desktop seperti kita membukanya dengan laptop.

Dokpri
Dokpri

Langkah berikutnya, login ke akun zoom. Kemudian pilih join a meeting. Masukkan  meeting id dan klik join a meeting. Lihat di baris paling bawah bertuliskan "if you cannot download or run the application, join from your browser".

Klik tulisan join from your browser, berwarna biru. Tampilan berikutnya isikan nama lengkap sebagai peserta meeting dan klik join. Halaman selanjutnya isikan meeting password dan klik join.

Dokpri
Dokpri

Tunggu beberapa saat, dan silahkan mengikuti webinar. Sebagian telepon genggam kemungkinan mempunyai alur yang sama. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan akan berbeda di beberapa perangkat yang lain.

VIDEO PILIHAN