Mohon tunggu...
Fathul Hamdani
Fathul Hamdani Mohon Tunggu... Pembelajar

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mataram

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

"Formasi" FH UNRAM Sukses Gelar Lomba Debat Mahasiswa dan Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional

8 Desember 2020   14:04 Diperbarui: 11 Desember 2020   22:24 58 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Formasi" FH UNRAM Sukses Gelar Lomba Debat Mahasiswa dan Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional
Foto bersama Panitia FLF, pengurus dan keluarga besar FORMASI FH UNRAM


MATARAM - FORMASI (Forum Mahasiswa Pengkaji Konstitusi) FH UNRAM pada tanggal 16 November yang lalu telah sukses melaksanakan Lomba Debat Mahasiswa dan Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional yang juga dirangkaikan dengan acara Webinar Nasional. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari event tahunan FORMASI yaitu Formasi Law Fair (yang selanjutnya disingkat FLF). Ini merupakan FLF yang kedua setelah tahun lalu yaitu pada tahun 2019 FORMASI juga sukses menyelenggarakan FLF yang pertama, yakni dengan mengadakan Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional, Debat Konstitusi tingkat SMA Se-NTB, serta Liga Debat Internal Formasi yang juga dirangkaikan dengan acara Seminar Nasional.

Pada pergelaran FLF tahun ini, dengan adanya pandemi Covid-19, maka FLF tidak dapat dilaksanakan secara langsung, sehingga semuanya harus dilakukan secara online, namun tentu saja hal ini tidak mengurangi antusiasme para peserta. Hal ini dibuktikan dari bagitu banyaknya peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan FLF Tahun ini yaitu sebanyak 108 Tim dari 48 universitas yang ada di Indonesia, yang terbagai dalam dua kategori lomba. Untuk Lomba Debat Mahasiswa Tingkat Nasional, tercatat sebanyak 64 Tim yang ikut berkompetisi dalam acara FLF kali ini. Begitupun dengan Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional, sebanyak 44 peserta (perseorangan maupun tim) yang mengirimkan naskah-naskah terbaik mereka dalam ajang FLF Tahun 2020.

Dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga usai, maka skema kompetisi pun disesuaikan. Untuk Lomba Debat Mahasiswa Tingkat Nasional, masing-masing Peserta dari setiap universitas hanya mengirimkan video persentasi dari mosi (tema yang diangkat) yang sudah disediakan oleh Panitia. Sementara pada Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional, 10 Peserta dengan naskah terbaik kemudian mempersentasikan esai mereka dihadapan dewan juri secara online, yakni melalui Zoom Meeting.

Selain Lomba Debat Mahasiswa Tingkat Nasional dan Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional, FORMASI juga mengadakan Liga Debat Internal Formasi. Liga Debat Internal Formasi ini tentunya diikuti oleh internal FORMASI sendiri yakni anggota FORMASI dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan Jurist-Jurist FORMASI dalam hal berdebat.

Adapun pemenang dalam kegiatan FLF kali ini untuk kategori Lomba Debat Mahasiswa Tingkat Nasional, yaitu Universitas Sam Ratulangi (selaku juara 1), UIN Syarip Hidayatullah (selaku juara 2), dan IPDN NTB (selaku juara 3).

Kemudian untuk kategori Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional, juara 1 diraih oleh Universitas Indonesia, sementara juara 2 dan 3 diraih oleh dua tim dari Universitas Gajah Mada.

Pembukaan Webinar Nasional sekaligus pengumuman para pemenang FLF
Pembukaan Webinar Nasional sekaligus pengumuman para pemenang FLF
Pengumuman para pemenang ini dirangkaikan dengan acara Webinar Nasional dengan Tema "Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Masa Pandemi Covid-19: Demokrasi atau Keselamatan Publik". Dengan narasumber, Muhammad Khuwailid, S.Ag., MH. (Ketua Bawaslu Provinsi NTB 2017-2022), Suhardi Soud. S.E., MM (Ketua KPU Provinsi NTB 2019-2024), Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H. (Kapolda NTB 2020), dan Lalu Muh. Hayyanul Haq, SH., LLM., Ph.D. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Mataram).

Closing ceremony FLF yang dirangkaikan dengan Webinar Nasional
Closing ceremony FLF yang dirangkaikan dengan Webinar Nasional
Dr. H. Hirsanuddin SH, M.Hum selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Mataram menyampaikan kebanggaan yang sangat luar biasa dan sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan harapannya event ini akan terus berlanjut, sehingga pada FLF tahun depan semua kompetisi baik itu debat maupun karya tulis ilmiah dapat diselenggarakan secara offline, dan Fakultas akan selalu siap untuk mendukung dan membantu suksesnya setiap acara yang diselenggarakan oleh organisasi-organisasi kemahasiswaan. Terlebih event-event seperti ini akan mengangkat nama baik Fakultas dan Universitas di kancah nasional.

Dengan umur FORMASI yang baru 6 (enam) tahun, berbagai prestasi baik itu di tingkat regional, nasional, maupun internasional telah ditorehkan, serta event-event berskala nasional juga sering dilakukan, oleh karena itu sebagaimana yang disampaikan oleh Farhan Abdullah selaku Ketua BEM Fakultas Hukum Universitas Mataram dalam sambutannya, bahwa FORMASI sudah seharusnya lebih diperhatikan dan harapannya ditahun berikutnya FORMASI bisa naik menjadi UKMF, mengingat status FORMASI saat ini yakni masih menjadi BSO (Badan Semi Otonom) di bawah BEM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x