Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Menyoal Ujian Semi Daring

15 Januari 2024   21:06 Diperbarui: 16 Januari 2024   00:42 251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (KOMPAS.com/IKA FITRIANA)

Meskipun sudah bisa dikatakan normal kembali, ada beberapa sekolah yang masih menerapkan ujian semi daring.

Kalau di tahun 2020-2022, ujian daring yang menjadi andalan, rentang 2022 sampai akhir 2023, ujian semi daring yang menjadi pilihan.

Setengah daring, setengah luring.

Untuk soal pilihan ganda (PG) dilakukan secara daring lewat ponsel pintar; untuk soal uraian (essay) dikerjakan di atas kertas jawaban, murid menulis jawaban di atas kertas dengan menggunakan pulpen.

Di salah satu SMP swasta, ujian semi daring diberlakukan pada penyelenggaran Ujian Akhir Semester (UAS) dalam satu-dua tahun terakhir.

S, salah seorang murid les yang berstatus pelajar kelas sembilan di SMP swasta tersebut, menghadapi ujian semi daring kembali pada UAS di akhir November 2023 sampai awal Desember 2023 lalu.

Secara pribadi, tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini. Termasuk ujian semi daring. Ada kelebihan, ada juga kekurangannya.

Menurut saya, dari sebuah SMP swasta dimana S bersekolah, ada beberapa kelebihan ujian semi daring.

1. Mengurangi penggunaan kertas

Tak bisa dipungkiri, kampanye mengurangi penggunaan kertas terus digalakkan menimbang pohon-pohon yang menjadi bahan membuat kertas sudah semakin minim populasinya.

Oleh karena itu pengalihan ke media digital tidak bisa dielakkan dan menjadi pilihan yang tepat asal menggunakannya dengan tepat pula.

2. Hasil ujian langsung terlihat

Bagi guru, ujian semi daring menjadi keuntungan tersendiri, karena kecepatan memeriksa ujian, khususnya Pilihan Ganda (PG).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun