Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || http://english-itu-fun.blogspot.com/ || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || http://fingerstyleguitar1.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Tiga Langkah Mudah Membuat Video Gitar Tunggal

26 November 2019   11:27 Diperbarui: 26 November 2019   11:26 74 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Langkah Mudah Membuat Video Gitar Tunggal
Sumber Gambar : www.musicradar.com

"Bagaimana membuat video gitar tunggal?"

Seorang teman menanyakan pertanyaan di atas minggu lalu. Dia ingin membuat video gitar tunggal, tapi beralasan tidak tahu caranya dan tidak punya peralatan perekam. 

Sebenarnya saya merasa minder kalau ditanya soal ini. Kenapa? Karena saya merasa permainan saya belumlah seberapa dibandingkan gitaris-gitaris fingerstyle yang sudah lama malang melintang dan centang perenang, baik di dunia nyata maupun maya.

Kalau pun saya menuliskan artikel ini tidak lain dan tidak bukan hanya untuk berbagi kisah dan pengalaman bahwa untuk berkarya, tidak perlu menunggu segala sesuatu lengkap dan sempurna. Kalau kekurangan dana, pakailah peralatan yang ada. Jangan beralasan "tidak punya ini" dan "tidak punya itu", sehingga semua dijadikan alasan pembenaran untuk menunggu dan tidak berkarya.

Saya terbilang terlambat untuk membuat video gitar tunggal pertama saya. Namun, seiring waktu berjalan, saya sadar, lalu mulai membuat video gitar tunggal, sembari menambah alat bantu dalam memperbaiki kualitas suara dan video.

Bagi masbro dan mbaksis yang ingin membuat video gitar tunggal, tiga langkah mudah membuat video gitar tunggal dari saya mungkin bisa membantu, terutama yang belajar secara otodidak.

Apa saja tiga langkah mudah tersebut?

1. Memilih aransemen lagu gitar tunggal atau fingerstyle guitar yang tidak terlalu sukar

Seperti halnya memasak yang perlu bahan-bahan sebelum proses memasak terjadi, begitu juga dengan membuat video gitar tunggal. Perlu mempersiapkan lagu apa yang akan dimainkan untuk rekaman. 

Secara pribadi, kemampuan saya dalam mengolah petikan gitar tidaklah prima. Karena kesibukan mengajar bahasa Inggris dan mata pelajaran lain yang tidak sejalan dengan gitar, sehingga waktu sangatlah terbatas dalam belajar gitar tunggal.

Akibatnya, saya belum bisa membuat aransemen gitar tunggal sendiri. Oleh karena itu, saya memilih aransemen gitar tunggal yang diciptakan orang lain. Tentu saja, saya memilih yang tidak terlalu sukar, yang bisa saya kuasai dengan mudah terlebih dahulu.

Lagu gitar tunggal pertama yang saya kuasai adalah Sayonara, lagu anak yang diaransemen ulang dalam bentuk gitar tunggal oleh Bapak Kaye A.Solapung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x