Mohon tunggu...
Teknologi

Kurangnya Minat Guru untuk Memanfaatkan Media Pembelajaran

23 Desember 2018   15:23 Diperbarui: 23 Desember 2018   15:31 1879 3 1 Mohon Tunggu...


Media pembelajaran sangat berpengaruh untuk peserta didik dalam memahami senuah materi. Tanpa media, pembelajaran tidak akan berjalan sesuai yang diinginkan. Sebagai seorang guru, harus mampu membuat sesuatu dari apapun menjadi sebuah bahan yang bisa dijadikan sebagai media.

Di zaman sekarang kebanyakan guru hanya memanfaatkan buku sebagai bahan media, Jadi jika media lainnya tidak dipakai atau kurang minta dalam menggunakannya. 

Menurut psikologi, orang yang belajar tanpa mempraktekannya itu akan dapat memahami atau mengingat dalam jangka terlalu lama. Tetapi, orang yang belajar setelah itu dipraktekan maka akan lebih mudah dicerna dan akan selalu diingat dalam pikirannya (tidak mudah lupa).

Seorang guru yang kurang memanfaatkan media dengan suatu pembelajaran akan berdampak buruk bagi peserta didik dan gruu dianggap gagal atau kurang berhasil dalam mendidik, karena materi yang diberikan kurang dipahami oleh peserta didik.

guru tidak dapat menggunakan media dalam satu bahan saja, misalnya hanya memakai buku. Guru harus memakai lebih dari satu media agar lebih efektif dalam pembelajaran, misalnya buku, spidol, penghapus, dan papan tulis.

Media pembelajaran juga dapat mengasah kreatifitas seorang guru, banyak sekali manfaat dari media pembelajaran apabila seorang guru mampu memanfaatkannya.

Dari judul diatas media pembelajaran sangat kurang dimanfaatkan oleh seorang guru, karena guru-guru kurang menfaatkan media dalam sebuah pembelajaran disebut juga kurangnya kreatifitas dalam mengajar. Seorang guru tidak juga hanya terpaku pada sebuah materi dalam pembelajaran tetapi juga harus mampu menggunakan 

media dan memanfaatkan dengan baik agar peserta didik mampu memahami materi dengan baik dan benar.
Solusi bagi guru yang kurang minat dalam menggunakan media pembelajaran ialah belajar kembali tentang kreatifitas dalam diri agar dapat mengembangkan bahan-bahan apa saja yang dapat dibuat, kemudian guru harus belajar media yang dibuat agar guru tersebut dapat memahami dan menemukan arti pentingnya sebuah media.

Sebagai contoh dalam materi dan media pembelajaran tentang hukum Faraday: Cara mengajar seorang guru;

Jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan hukum Faraday, Hukum faraday ialah sebuah gaya gerak yang dapat menjadikan sebuah energi listrik Membuat risuman dipapan tulis. Menampilkan sebuah video tentang pembuatan media dari bahan bekas sebagai contoh dari hukum faraday, misalnya penggunaan dinamo, baling-baling kipas, kabel dan lampu.

Kalau mau lebih bagus lagi guru harus membawa bahan yang ada divideo tersebut dan menyerahkannya kepada peserta didik, guru menjelaskan cara perangkaian media yang ingin dibuat tersebut, terus catat dipapan tulis agar siswa lebih mudah memanfaatkannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x