Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru di MTsN 4 Kota Surabaya sejak tahun 2001
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka membaca dan menulis apa saja untuk dibagikan kepada orang lain dengan harapan bisa memahami dan mengerti kalau mau menerapkan apa yang ditulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mengetuk Pintu Langit lewat Istighosah

6 Oktober 2022   20:17 Diperbarui: 6 Oktober 2022   20:20 220 10 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana Istigosah dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di halaman MTsN 4 Kota Surabaya malam ini (6/10) ( foto: dokpri)

Malam ini Kamis malam Jumat bertempat di halaman MTsN 4 Kota Surabaya berlangsung kegiatan Istighosah dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara yang diikuti oleh siswa kelas IX bersama orang tua(wali murid) dimulai seusai salat magrib dengan pembukaan dilanjutkan dengan Istigosah untuk memohon pertolongan Allah SWT khususnya untuk kesuksesan siswa kelas IX dalam mengakhiri kegiatan di Madrasah dan mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik di SMA/SMK/MA negeri maupun masuk ke pondok pesantren.

Acara dilanjutkan dengan solat Isya berjamaah di Masjid Al Hikmah MTsN 4 Kota Surabaya, setelah salat Isya acara dilanjutkan dengan Pembacaan Ayat-ayat suci Al Qur'an, pembacaan solawat nabi diiringi Banjari yang dibawakan oleh siswa-siswi MTs Negeri 4 Surabaya dengan beberapa lagu dan diikuti oleh seluruh undangan.

Penampilan grup Banjari yang mengiringi sholawat nabi (dokpri)
Penampilan grup Banjari yang mengiringi sholawat nabi (dokpri)

Sambutan kepala Madrasah dan diakhiri dengan acara Parenting untuk siswa dan wali murid yang disampaikan oleh Ustadz Suhardi Fadjarae dari UINSA Surabaya.

Ustadz Suhardi Fadjarae saat memberikan tausiyah dengan tema Generasi yang dirindukan Surga (dokpri)
Ustadz Suhardi Fadjarae saat memberikan tausiyah dengan tema Generasi yang dirindukan Surga (dokpri)

Istiqotsah menurut  Ibnu Taimiyah bermakna  meminta bantuan (pertolongan), atau meminta dihilangkan kesulitan. Tentu saja, doa istighosah harus ditujukan hanya kepada Allah SWT, dan bukan kepada makhluk, karena ini bisa berujung pada kesyirikan.

Adakah landasan hukum melaksanakan Istighosah?

Salah satu hadits Nabi berbunyi : "Matahari akan mendekat ke kepala manusia di hari kiamat, sehingga keringat orang keluar hingga mencapai separuh telinganya, ketika mereka berada pada posisi ini mereka beristighosah (meminta pertolongan) kepada Nabi Adam, kemudian kepada Nabi Musa, kemudian kepada Nabi Muhammad ". (HR. Bukhari)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan