Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru di MTsN 4 Kota Surabaya sejak tahun 2001
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka membaca dan menulis apa saja untuk dibagikan kepada orang lain dengan harapan bisa memahami dan mengerti kalau mau menerapkan apa yang ditulis

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jokowi: Hentikan Liga Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

2 Oktober 2022   15:46 Diperbarui: 2 Oktober 2022   16:40 317 18 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tangkapan layar TV yang sedang menyiarkan pidato Presiden Jokowi terkait kerusuhan suporter (CNN/tangkapan layar dokpri)

Kerusuhan suporter di Stadion Kanjuruhan Malang, setelah Arema FC kalah dari Persebaya Surabaya 2-3 yang memakan korban meninggal 129 suporter Arema menjadi berita viral di dalam dan luar negeri.

Bayangkan 129 nyawa melayang sia-sia sementara puluhan korban lain sedang dalam penanganan di beberapa rumah sakit di Kota dan Kabupaten Malang.

Orang nomor satu di Indonesia Presiden Joko Widodo juga memberikan perhatian serius terhadap tragedi kerusuhan Suporter di Stadion Kanjuruhan Malang, Jokowi menyampaikan duka yang mendalam khususnya kepada keluarga yang anggota keluarganya meninggal.

Selanjutnya Presiden Joko Widodo memerintahkan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi menyeluruh dilakukan.

"Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers yang ditayangkan dalam YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (2/10/2022).

Lantas ada apa dengan kerusuhan yang menimbulkan korban dengan jumlah yang cukup besar ini?

Ada beberapa hal yang mungkin menjadikan kerusuhan ini banyak korban

1. Penggunaan gas air mata oleh aparat keamanan untuk menghalau penonton yang anarkis di stadion dianggap salah karena penonton akhirnya liar dan berusaha keluar lewat pintu stadion yang berujung pada saling dorong, injak dan jadilah banyak korban jiwa berjatuhan.

2. Kurang siapnya petugas stadion dalam membuka pintu stadion sehingga terjadi penumpukan orang dan akhirnya saling dorong, saling injak dan menimbulkan banyak orang yang terjebak dan akhirnya meninggal dunia.

3. Petugas medis yang disiapkan oleh panitia sangat kurang di sekitar stadion sehingga korban banyak yang meninggal saat perjalanan ke rumah sakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan