Mohon tunggu...
Hajar Khairun Nisa
Hajar Khairun Nisa Mohon Tunggu... Vakum

Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat untuk sesamanya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Apa Saja yang Ada di dalam Otak?

7 Maret 2021   21:46 Diperbarui: 7 Maret 2021   22:04 79 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Saja yang Ada di dalam Otak?
Alodokter

Kualitas otak seseorang akan tampak pada lisan yang mengucapkan kata, pada perilaku yang mencerminkan jiwa. ~bunda Lilian

Otak, bagian organ terpenting pada tubuh manusia, tanpa otak tubuh manusia tidak ada artinya atau tidak berarti. Mengapa begitu?  Karena otak memiliki bercaman - macam fungsi bahkan setiap bagian otak memiliki fungsi sendiri - sendiri, dibalik beberapa bagian otak, bagian itu juga memiliki beberapa bagian lagi dan juga memiliki fungsi tersendiri. Bagaimana jika seorang manusia tidak memiliki otak ?  Apakah mereka akan bisa hidup tanpa otak ? Jawabannya saya juga tidak mengetahui karena itu semua wallahualam. 

Semua akan terjadi jika Tuhan berkata iya, kita sebagai manusia harus banyak bersyukur, apapun yang Tuhan kasih untuk kita itulah yang terbaik untuk kita. Maka dari itu mari kita jaga apapun pemberian Tuhan untuk kita. 

Manusia berfikir menggunakan otak, sebelum melakukan suatu hal manusia akan berfikir terlebih dahulu apakah yang di lakukan itu merupakan sebuah kesalahan atau sebuah kebenaran ?  Dari situ sudah terlihat kan seberapa pentingnya peran otak dalam tubuh manusia. Tak hanya manusia hewan juga memiliki otak, mungkin fungsi dari otak hewan ini tidak jauh beda dengan fungsi otak pada tubuh manusia. Semua yang kita lakukan ini tergantung apa yang ada di otak kita karena otak adalah patokan kita. Tanpa otak kita tidak akan jadi apa-apa.  Taukah kalian apa saja bagian - bagian yang ada dalam otak manusia ? Mari kita simak apa saja bagian - bagian yang ada dalam otak atau anatomi otak pada tubuh manusia. 

Nah,sekarang kalian tau kan apa materi yang akan saya sampaikan kali ini?, saya akan memperjelas materi tentang otak. Setelah apa yang saya jelaskan di artikel minggu kemaren tentang area broca dan area wernicke. Di artikel saya kali ini saya akan menjelaskan tentang anatomi otak. Anatomi otak, anatomi otak manusia ini terdiri dari beberapa jaringan dan miliaran sel saraf pendukung untuk mendukung terhubungnya sel tersebut dengan sumsum tulang belakang. Otak, sumsum tulang belakang dan saraf ini menjadi pusat perintah dan sistem saraf manusia. Otak juga merupakan salah satu organ manusia yang memiliki fungsi yang penting bagi manusia.

Mari kita pelajari beberapa bagian-bagian otak dan fungsinya!. Berikut adalah bagian-bagian otak dan fungsinya :

1. Otak besar (cerebrum), cerebrum ini adalah bagian yang paling besar dari otak, cerebrum ini sendiri juga di bagi menjadi 2 bagian, yaitu : otak kanan dan otak kiri. Cerebrum berfungsi untuk mengontrol pergerakan otak pada tubuh manusia.

2. Otak kecil (cerebellum), cerebellum ini terletak di bagian belakang otak yang lebih tepatnya di bawahnya lobus oksipital. Tidak jauh beda dari otak besar otak kecil ini juga memiliki 2 bagian. Otak kecil (cerebellum) berfungsi untuk mengendalikan gerakan menjaga keseimbangan,mengatur posisi dan mengkoordinasi gerakan tubuh manusia.

3. Batang otak (brainstem), Batang otak terletak di bagian dasar otak, Batang otak ini seikat dengan jaringan saraf. Batang otak (brainstem) ini berfungsi sebagai pemancar yang menghubungkan otak besar dengan saraf tulang belakang, selain itu Batang otak juga berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan antara bagian tubuh dengan otak manusia.

4. Talamus, talamus ini terletak pada otak bagian tengah, talamus juga memiliki 2 lobus (bagian). Talumus ini berfungsi sebagai pemancar informasi yang datang dan berjalan di antara otak dan seluruh sistem saraf pada tubuh manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN