Mohon tunggu...
Hajar Khairun Nisa
Hajar Khairun Nisa Mohon Tunggu... Vakum

Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat untuk sesamanya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Seberapa Penting Bahasa untuk Anak Usia Dini?

2 Maret 2021   23:49 Diperbarui: 3 Maret 2021   00:17 115 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seberapa Penting Bahasa untuk Anak Usia Dini?
pngegg.com

Bacalah buku karena buku adalah sumber dari ilmu

Tak banyak orang yang mengetahui tema yang akan saya jelaskan kali ini, tema yang sangat menarik dan mungkin akan bermanfaat untuk setiap orang. Coba tebak tema apa yang akan saya tuliskan di artikel saya kali ini? Artikel yang saya tulis ini bertema tentang area broca dan area wernicke. Mungkin tema ini sudah tidak asing lagi di dengar oleh telinga kalian, tetapi saya akan menjelaskan lebih detail dan lebih mudah untuk dipahami para pembaca. Area broca dan area wernicke ini terletak pada bagian tubuh atas manusia lebih tepatnya di bagian otak. Otak terbagi menjadi 3 bagian yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), dan batang otak (brainstem). Area broca dan wernicke ini terletak pada otak besar (cerebrum).

Seseorang pemimpin mampu berpidato di depan masa dan memiliki pemahaman bahasa yang bagus dan sopan. Bahasa - bahasa tersebut muncul karena adanya pengaruh dari broca dan wernicke, area tersebut berfungsi untuk perkembangan bahasa.Bukan hanya seorang pemimpin saja yang mampu berpidato dan memiliki pemahaman  bahasa yang bagus dan sopan, namun semua orang juga dituntut untuk percara diri dalam berpidato di depan semua orang dan mampu mengembangkan bahasanya.

Perkembangan bahasa ini sangat penting untuk semua orang, maka dari itu perkembangan bahasa harus di latih sejak anak usia dini. Untuk melatih perkembangan bahasa anak usia dini orang tua bersifat sangat penting untuk melatih dan menerapkan bahasa yang baik dan sopan untuk anak - anaknya. Anak usia dini yang biasa disebut balita sangat perlu untuk di bimbing dan di latih bahasanya, sebagai orang tua kita juga harus berbahasa yang baik dan soppan di depan balita kita. Bahasa yang baik dan sopan di tanamkan dari seorang yang baik dan sopan pula. Siapa sih yang tidak mau di anggap sebagai orang baik?

Tidak ada bahasa kita tidak akan mengetahui suku dan ras kita, karena setiap suku dan ras di Indonesia memiliki bahasa yang berbeda. Bukan hanya di Indonesia, namun di seluruh negara - negara di dunia juga memiliki bahasa yang berbeda - beda. Salah satu dari macam - macam bahasa di seluruh dunia ini juga ada bahasa internasional atau bahasa yang bisa di pakai di manapun kita berada karena tidak sedikit orang yang  mempelajari bahasa tersebut. bahasa manakah itu? mungkin kebanyakan dari kalian sudah mengetahui bahasa internasional tersebut tapi tidak mengapa jiika saya sebutkan lagi dalam artikel ini, bahasa inter nasional yang saya maksud adalah bahasa Inggris dan bahasa Arab. Bahasa Inggris, bahasa ini tidak sedikit orang yang bisa bahasa ini, namun saya termasuk dalam orang yang tidak pandai dalam bahasa Inggris. Untuk bahasa Arab sendiri, mengapa bahasa Arab  disebut dengan bahasa internasional?

Bahasa Arab ini disebut sebagai bahasa internasional karena bahasa ini termasuk dari bahasa kitab suci umat nabi Muhmmad saw.  (islam) yakni Al - Qur'an dan sebagian orang di dunia beragama islam. Bahasa Arab ini mudah untuk di pelajari karena jika kita bisa atau mahir bahasa Arab kita juga akan lebih mudah untuk menghafal kitab suci al - qur'an. Jika kita tidak memahami apa arti dari kitab suci maka kita akan kesusahan untuk menghafalnya, namun jika kita mahir bahasa Arab maka kita akan lebih mudah mengetahui dan memahami arti dari kitab suci al - qur'an tersebut.

Sebagaimana anak usia dini, mereka akan lebih mudah menghafal dan mempelajari bahasa sejak kecil. Mengapa begitu ? karena anak usia dini akan lebih mengingat apa yang di ajarkan waktu kecil dan dapat mengenang apapun yang di ajarkan oleh anak tersebut pada usia dini. Lebih baik jika anak usia dini diajarkan untuk percara diri berpidato di depan orang banyak, misalnya di ikut sertakan dalam lomba pildacil atau lomba apapun itu yang memicu semangat belajar dan menghafal mereka. 

Nah, dalam artikel di atas area broca dan wernicke sangat berperan untuk perkembangan bahasa dan percaya diri anak usia dini. Anak juga harus di latih menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, berperilaku, dan berbahasa yang baik dan sopan. Terakhir akan saya jelaskan letak dan fungsi dari area broca dan area wernicke. Area broca terletak di gyrus frontalis superior pada lobus frontalis korteks otak besar. Area ini berperan pada proses bahasa dan memiliki kemampuan pemahaman berbicara. Untuk area wernicke, area wernicke ini terletak berdampingan dengan area broca yang lebih tepatnya pada bagian posterior kiri dari gyrus temporalis superior, mengelilingi korteks pendengaran, di fissura sylvian (bagian pertemuan lobus temporalis dan parietalis otak). Untuk fungsi area wernicke ini memiliki fungsi yang sama dengan area broca.

Terimakasih sudah membaca artikel saya, jika ada kesalahan kata ataupun kalimat mohon untuk di maklumi karena manusia tidak luput dari dosa dan saya juga masih dalam proses belajar. 

VIDEO PILIHAN