Mohon tunggu...
Hajar Khairun Nisa
Hajar Khairun Nisa Mohon Tunggu... Baru belajar

Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat untuk sesamanya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar dengan Praktik Langsung?

26 Oktober 2020   23:06 Diperbarui: 26 Oktober 2020   23:08 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar dengan Praktik Langsung?
Kekitaan.com

"Tuntutlah ilmu dari

 buaian hingga

 liang lahat "

Aliran behavioristik! 

Apakah kalian pernah dengar istilah tersebut?

Apa yang kalian ketahui tentang behavioristik?

Kalau saya sendiri baru saja mengenal dan mengetahui istilah tersebut waktu pertama melihat ada tugas membuat artikel tentang itu. Setelah mendengar kata itu yang saya lakukan adalah tanya ke orang terdekat saya termasuk teman dan tante, selain tamya saya juga membaca buku dan lihat di goggle makna dari kata behavioristik tersebut.

Behavioristik adalah sebuah teori belajar yang mengedepankan atau menekankan  perubahan prilaku sebagai akibat dari interaksi antara simulasi dan respon. Teori ini berkembang menjadi aliran psikologi belajar yang berpengaruh terhadap praktek pendidikan dan pembelajaran.

Aliran ini dapat mengetahui bahwa seseorang yang belajar dinilai dari segi tingkah laku dan apapun yang dikerjakan termasuk praktek. Behavioristik juga memiliki faktor yakni faktor penguatan (reinforcement).

Bu Mala : Apakah kalian paham dari apa yang sudah saya terangkan tadi ?
Wina      : Alhamdulillah.. saya faham bu..
Vini       : Maaf bu saya belum faham.. hehe...
Bu Mala : Bagian mana yang belum kamu pahami Vin?
Vini       : Bagian mengedit gambar tadi bu. Kalau bisa kita sambil praktek aja    bu, agar dapat lebih mudah dalam memahaminya.

Bu Mala adalah seorang guru TIK kelas 12, sekarang beliau mengajarkan cara mengedit gambar dan rumuus maupun teorinya. Para murid bu Mala ini akan kesulitan dalam memahami apa yang di jelaskan maupun di ajarkannya termasuk si Vini. Vini ini mewakili banyak eman temannya yang masih belum memahami akan apa yang di ajarkan dan di jelaskan oleh bu Mala tersebut.

Pelajaran TIK adalah salah satu pelajaran yang susah di pahami tanpa ada praktek secara langsung. Maka dari itu seharusnya seorang guru harus mengerti apa yang perlu di ajarkan atau di jelaskannya termasuk perlu praktek apa tidak. Bisakah kita membayangkan apa yang di jelakan oleh seorang guru dan membayangkan apa yang ada di layar komputer atau laptop?  
Mungkin sebagian siswa ada yang bisa, namun tidak banyak. Perlu kalian ketahui bahwa aliran behavioristik ini sangat di perlukan pada mata pelajaran  TIK yang diajar oleh bu Mala. Siswa akan lebih mudah memahami pelajaran tersebut dengan cara langsung mempraktekannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN