Mohon tunggu...
Hajar Khairun Nisa
Hajar Khairun Nisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fine

خير الناس انفعهم للناس

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Pahami Dulu Dirimu Baru Memahami Orang Lain

8 Desember 2021   16:27 Diperbarui: 8 Desember 2021   16:43 48 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
learningworksforkids.com


Pemahaman seseorang pada diri sendiri itu termasuk kunci sebuah kesuksesan, kita sebagai individu akan mengetahui apa kekurangan dan kelebihan kita, dimana skill dan bakat kita agar dapat dikembangkan dan menjadi sebuah jalan menuju kesuksesan kita. Self awareness adalah suatu proses yang membantu anda mengenal diri anda menjadi lebih baik. Terkadang kita sebagai manusia menyepelekan self awareness atau pemahaman terhadap diri kita, kadang kita juga lebih mementingkan orang lain daripada mementingkan diri sendiri. Misal :

Dinda : Hai dir, nanti malem ikut aku yuk.
Dira : Hai din, ikut kemana?
Dinda : Ke toko buku dir.
Dira : Oke, siap.

Sesampainya di rumah Dira bilang ke bundanya kalo sebenarnya Dira gak bisa ikut dinda karena masih ada tugas yang belum Fira selesaikan, tapi Dira gak bisa menolak ajakan temannya tersebut. Kira-kira begini tanggapan bunda Dira.

Dira : Bundaaa, tadi Dira mau diajak Dinda ke toko buku.
Bunda : Lalu?
Dira : Lalu Dira bilang oke ke Dinda bun padahal sebenarnya Dira memiliki tugas yang belum Dira selesaikan bun.
Bunda : kenapa kok kamu bilang oke ke Dinda dir, kan bisa si langsung bilang aja maaf Dinda Dira gak bisa nemenin dulu soalnya Dira masih ada tugas yang belum Dira selesaikan.
Dira : iya bunda tapi Dira gaenak sama Dinda bunda.
Bunda : Besok lagi jangan gitu ya nak, kalau misal kamu gak bisa, bilang aja gak bisa. Pentingin dulu dirimu baru mementingkan orang lain.
Dira : oke bunda, lain kali Dira bakal bilang kalau Dira gak bisa.
Bunda : yaudah iya, sekarang kamu berangkat aja dulu sama Dinda.
Dira : siap bunda.

Kita sebagai manusia terkadang ada sedikit terbesit rasa garnakan sama temen untuk menolak ajakannya. Tapi jangan gitu ya lain kali. Kita harus mementingkan diri kita dulu baru memikirkan orang lain, bukannya egois ya tapi kita juga perlu memahami diri kita.

Pemahaman diri juga akan menjadi gerbang dari kesuksesan seseorang, dari situ kita akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk untuk kita. Dari situ juga kita akan terbiasa untuk melakukan penolakan pada seseorang yang mengajak kita. Itulah mengapa self awareness itu sangat penting untuk setiap individu. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan