Mohon tunggu...
Hs Hairil
Hs Hairil Mohon Tunggu... Institut Tinta Manuru

Hanya Penikmat yang menjadi candu, menulis bukan hiburan tapi kebutuhan.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kelatahan terhadap Lingkungan yang Kalian Sebut Hobi

2 April 2021   22:02 Diperbarui: 5 April 2021   04:20 111 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kelatahan terhadap Lingkungan yang Kalian Sebut Hobi
Foto : Rencanamu.id

Setiap orang memiliki ketertarikan yang kuat untuk melakukan suatu hal disaat dia memiliki waktu luang bisa disebut hobi, tetapi tidak semua hobi dapat dilakukan oleh beberapa orang yang meskipun memiliki waktu luang disela-sela waktu kerja atau aktivitas rutinnya.

Hobi adalah kegiatan kasual yang biasanya dilakukan atas dasar ketertarikan yang sangat kuat dari dalam diri. Hobi merupakan kegiatan yang secara umum dapat dilakukan beberapa orang saja yang memiliki ketertarikan, dan orang yang memiliki ketertarikan ini dengan senang hati menginvestasikan sesuatu kedalamnya, baik itu materi maupun waktu dengan sangat senang hati. Kegiatan yang berkaitan dengan hobi biasanya dilakukan saat seseorang memiliki waktu yang luang. Selanjutnya, baca pengertian hobi disini : HOBI

Jika pernah gemar melakukan sesuatu, tetapi sudah tidak lagi maka bisa dibilang itu adalah hobi. Misalkan, saat penulis waktu di bangku kuliah mengoleksi banyak buku atau novel, tapi ketika setelah kelar dari kulaihnya sudah tidak lagi mengoleksi kedua itu. Jadi sesuatu yang digemari dan tidak melakukannya lagi sekarang disebut hobi, tetapi suatu saat jika ada waktu luang, penulis bisa mengoleksi lagi buku atau novel seperti sebelumnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hobi adalah sebuah kesenangan istimewa yang dilakukan di waktu senggang. Tidah hanya itu, KBBI juga menegaskan bahwa hobi tidaklah sama dengan pekerjaan dan bukan dijadikan sarana untuk mencapai tujuan tertentu.

Hemat penulis, hobi lebih kepada kesenangan seseorang melakukan sesuatu yang sangat dia senangi atau gemari. Sepak bola misalkan, ada yang hobi main bola tapi tidak mau terkenal di kalangan teman-teman bahwa dia sangat bagus dan bisa main bola. Kira-kira seperti itulah. Jadi teman-teman dia yang main bola sudah jadi mata pencaharian mereka tidak bisa disebut hobi.

Penulis sendiri punya hobi dengarin music dan minum kopi, sedangkan menulis bagi penulis sendiri bukan hobi tetapi kebutuhan, lebih kepada kebutuhan batin. Jadi penulis tidak menyebut aktivitas menulis sebagai hobi tetapi kebutuhan sebab dalam sehari tidak menulis seuatu rasanya ada sesuatu yang tidak terpenuhi di batin penulis. Meskipun begitu, penulis tahu bahwa hampir semua orang memiliki hobi, begitu juga halnya dengan pembaca.

Apakah hobi hanya dilakukan oleh orang dewasa, tidak dilakukan oleh anak-anak?

Menurut penulis, hobi ini tidak hanya dilakukan orang dewasa saja, hobi dilakukan seseorang ketika dia sudah membedakan mana yang baik dan buruk atau mana yang semestinya dia lakukan. Tentuntya, Sebagian dari kita memiliki hobi semenjak masih anak-anak dan bahkan sampai dewasa saat ini. Akan tetapi saat kita dewasa banyak orang yang menganggap bahwa melakukan kegiatan yang kita suka dan banyak ornag menyebut hobi hanyalah membuang-buang waktu saja.

Hal ini mungkin disebabkan oleh perkara waktu, jika dewasa dan sudah mulai bekerja tentunya waktu untuk istirahat pun hampir tidak ada apalagi menjalankan hobi membuat hobi menjadi tidak terlalu penting dan digantikan dengan tujuan, cita-cita dan lainnya.

Penulis sendiri ketika tidak melakukan hobi, merasakan sangat besar efeknya, bisa jadi jenuh bahkan bisa stres, dan otak kita seakan tidak berkembang menyerap ide-ide baru untuk melakukan sesuatu.

Apakah hobi itu bermanfaat?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN