Mohon tunggu...
HAIRAH Rahmah
HAIRAH Rahmah Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Motivasi Mengukuti E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia

9 Februari 2018   11:54 Diperbarui: 9 Februari 2018   12:29 395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Nama saya Hairah, S.Pd:   Guru SMP Negeri 13 Kendari ,   Saya lahir di Bulukumba, Sulawesi Selatan  3 April 1967. Saya tamat S1 pada Jurusan MIPA Program Studi Biologi di Unhalu (UHO) tahun 1995. Di sekolah saya  mengajar bidang studi IPA. Dalam menyampaikan materi kepada siswa, saya menggunakan media berupa laptop, infocus, dan Power Point. Power Point yang  saya buat masih sangat sederhana  tanpa animasi.  Untuk meningkatkan prestasi siswa dibutuhkan  media pembelajaran yang sangat menarik ,  guru yang menguasai konsep-konsep pembelajaran,  dan mampu mentrasfer ilmunya kepada siswa.  Pada mata pelajaran IPA kebanyakan  konsep -- konsep yang abstrak dapat diterima dengan baik dan jelas  oleh siswa  jika konsep tersebut   ditayangkan dalam bentuk  Power Point atau  siswa mengamati secara  langsung baik di laboratorium  maupun di  lingkungan.  

Dengan keterbatasan saya dalam membuat Power Point maka saya spirasi untuk ikut

Keberhasilan Pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidik. Oleh karena itu kualitas SDM  pendidik perlu mendapatkan perhatian yang serius.  Peningkatan kemampuan dan kompetensi seorang guru seharusnya dilakukan terus-menerus untuk meningkatkan kualitas mengajarnya.  Namun usaha-usaha untuk meningkatkan kualitas sering terbentur dengan waktu,  kesempatan, ruang , biaya, dan keterbatasan  tenaga ahli.  Seiring dengan perkembangan teknologi  informasi dan komunikasi , maka pelatihan online guru melek IT (DOGMIT)  dapat terselenggara di seluruh wilayah Indonesia.  

Saya sangat tertarik mengikuti   pelatihan online/e-training  melek - IT (DOGMIT) karena mengingat keterbatasan saya dalam membuat  Animasi  Power Point Edugame, Project Power Point Edugame, dan Proteksi Power Point Edugame .  Melalui pelatihan online ini saya berharap banyak untuk meningkatkan kompetensi saya sebagai guru, khususnya pemanfaatan IT  dalam proses pembelajaran .   Dengan adanya pelatihan online ini saya sangat bangga karena mungkin masih banyak guru yang belum menyempatkan diri mengikuti  pelatihan ini.

Kesan saya dalam mengikuti pelatihan ini, awalnya saya menyerah duluan dan saya katakan sama teman  ibu Hj.Syahwiah.R.M.Pd. saya mundur saja.  Begitu saya memulai  kegiatan  dan dimotivasi dengan teman akhirnya terlewati hari pertama.  Banyak kendala yang saya hadapi antara lain pada saat pretes saya kelamaan membaca soal karena ada beberapa soal yang berbahasa Inggris. Bahasa Inggris itulah kelemahan saya tetapi saya tetap semangat belajar dan berlatih agar nilai post tes nanti melebihi dari nilai pretes.

Dalam mengerjakan tugas-tugas saya setiap harinya saya mengerjakan dengan menyisipkan waktu saya jika tidak mengajar akhirnya tugas saya selesai namun tidak sesuai rencana. Untuk pesan saya terhadap bapak penyelenggara dan fasilitator saya banyak berterima  kasih Karena saya telah banyak dibimbing dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesional guru khususnya saya pribadi  sehingga saya dapat mengajar dengan menarik perhatian siswa saya dengan menggunakan Power Point  Edugame. Kepada bapak penyelenggara dan bapak fasilitator jangan bosan membimbing kami demi kemajuan dan peningkatan  pendidikan terutama peningkatan professional guru Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun