Mohon tunggu...
haikalrakhman
haikalrakhman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa D4 Bahasa Asing Terapan Universitas Diponegoro

Seorang manusia yang mempunyai hobi membuang kata-kata kemudian dipungkut menjadi kalimat lalu diolah menjadi tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Film

Ihhh Serem: "Pengabdi Setan 2"

11 Januari 2023   12:00 Diperbarui: 11 Januari 2023   12:03 506
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Kemarin, setelah sholat dzuhur gue penasaran dengan sebuah film horror Indonesia besutan sutradara terkenal siapa lagi kalau bukan Joko Anwar, Yoii… tidak dapat dipungkiri lagi film dari sutradara kondang tanah air ini. Sudah banyak menghasilkan film bergenre horror dengan kualitas bagus yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Gue penasaran dengan film ‘Pengabdi Setan 2’ sudah lama banget, bahkan saat masih tayang di bioskop, allhamdulilah baru kesampaian sekarang, meskipun bajakan hahaha… tapi gue menikmati bajakan, soalnya di bioskop kalau nonton sendiri gak asik, Gue menonton film ini di siang hari dan malam hari, kenapa begitu ?

Iyaa, siang-siang gue bantu orang tua dulu lalu waktu juga sudah mepet ashar jadi gue pikir untuk melanjutkan nonton saat malam hari aja, gue menonton sampai menit 40:00 sampai menit itu saja semuanya sudah seram dan mencekam. Jumpscare yang ada dalam film membuat gue merinding meskipun ditonton di siang hari…

Latar belakang filmnya ‘Pengabdi Setan 2’ diawali dengan sebuah kejadian  pada tahun 1955 di daerah Lembang, Jawa Barat, scene diawali dengan sosok wartawan yang datang disebuah planetarium bersama dengan kawannya seorang inspektur polisi. Didalam sebuah planetarium terdapat sebuah rahasia besar yaitu terdapat kumpulan mayat yang sudah mati. Selain itu, peristiwa besar akan terjadi pada tahun 1955 yaitu konferensi Asia Afrika di kota Bandung. Menurut gue film ini lebih kepada misteri daripada horrornya meskipun suasana dalam film selalu mencekam.

Selanjutnya, scene berpindah menggambarakan kota Jakarta pada tahun 1984, dimana gue diperlihatkan tokoh utama yaitu Rini ( Tara Basro ) yang bekerja disebuah pabrik dan tinggal disebuah rumah susun milik pemerintah didaerah Jakarta Utara yang sangat rawan banjir dan badai karena berdekatan dengan laut, dia tinggal bersama dengan bapak dan 2 orang adiknya. Suasana rumah susun menurut gue, sangat kotor dan nampak tua sehingga menampakan kesan horror, banyak sekali kejadian-kejadian aneh yang ada di rumah susun tersebut  seperti lift yang sering macet, radio atau televisi yang sering mengeluarkan suara aneh setelah acara perkiraan cuaca, tempat pembuangan sampah yang terkadang mengeluarkan suara aneh, dan masih banyak lagi.

Diputar masih menggunakan megafon tua, sehingga dalam film nuansa classic selalu melekat didalamnya. Selama menonton film sampai menit ke 40:00, gue diperlihatkan peristiwa-peristiwa tragis seperti 2 anak kecil yang terlindis lift saat mengambil uang koin, penghuni rumah sususn yang terjebak didalam lift yang macet dengan dan hanya satu anak kecil  bernama Wisnu yang dapat selamat dari peristiwa tersebut namun Ibunya harus mati karena terjebak dalam lift, serem….

Lalu, banyak setan-setan yang bergentayangan dimalam hari, terutama saat Wisnu sedang membuang sampah tiba-tiba bertemu sosok wajah ayahnya yang mukanya rusak penuh luka bakar, susaana aneh juga terlihat saat, Rini akan membuang sampah dilantai bawah tiba-tiba banyak penduduk rumah susun bertingkah aneh dengan pintu terbuka. Pokoknya nyeremin deh…

Gue inget pas, lagi makan nasi uduk,mie bihun,dan friedchicken tiba-tiba dihadapkan pada scene darah 2 bocah yang tertimpa lift muncrat dihadapan Wati…. ‘Hoekkkk….’

Setelah itu gue tutup film lalu ditinggal istirahat…

Waktu menunjukan pukul 21:00 malam, gue melanjutkan menonton film ‘Pengabdi Setan 2’  sendirian dengan posisi lampu nyala, gue takut kalau gelap hihi…

Kemudian, film dilanjutkan scene dengan banyaknya korban mayat korban peristiwa mengerikan tadi siang hampir seluruh penghuni rumah susun adalah korban kecuali Rini,Tony,Bondi,Wisnu,dan beberapa tokoh lainnya yang masih selamat.

Di scene inilah banyak hal-hal seru dan menegangkan yang terjadi, seperti memecahkan misteri yang terjadi selama ini. Kenapa banyak sekali korban yang berjatuhan, hilangnya adek Rini yang bernama Ian, Tidak mengetahui profesi bapaknya sendiri selama ini, dan banyaknya foto-foto misterius yang terdapat dalam suatu ruangan disertai dengan buku-buku misterius. Lalu, ditampilkan pula tokoh wartawan yang kembali dengan niat untuk menyelamatkan tempat tersebut dari kutukan dan rencana jahat dari sang ratu kegelapan, aduuhh siapa lupa gue namanya..pokoknya itulah..


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun