Mohon tunggu...
Muhammad Hafiz Ansyari
Muhammad Hafiz Ansyari Mohon Tunggu... Guru - Guru di MIS NOR RAHMAN Banjarmasin

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop

Kini KTP Sudah Digital

10 Desember 2023   23:02 Diperbarui: 10 Desember 2023   23:08 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: Unsplash

Kini KTP Sudah Digital

Pada era digital saat ini, sudah banyak kemajuan teknologi yang telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal administrasi kependudukan. Salah satu contohnya adalah perkembangan KTP digital melalui aplikasi IKD (Identitas Kependudukan Digital). Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi fitur-fitur menarik dari KTP digital, perbedaannya dengan KTP elektronik, serta kemudahan yang bisa diperoleh dengan menggunakan KTP digital

Pada dasarnya, KTP digital memiliki beberapa fitur menarik yang membedakannya dengan KTP elektronik. Salah satunya adalah akses mudah dan cepat melalui aplikasi IKD. Pengguna hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di smartphone mereka untuk mendapatkan akses ke KTP digital mereka. Selain itu, KTP digital juga dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang canggih, seperti barcode atau QR code yang dapat dipindai untuk memverifikasi keaslian KTP tersebut.

Perbedaan kentara antara KTP digital dan KTP elektronik adalah pada bentuk fisiknya. Jika KTP elektronik masih berbentuk kartu fisik yang harus dibawa-bawa, KTP digital dapat disimpan langsung di smartphone pengguna. Kepraktisan ini tentu saja menjadi salah satu kelebihan KTP digital, karena pengguna tidak perlu repot membawa kartu KTP fisik dimanapun mereka pergi.

Namun, dengan berjalannya waktu dan semakin banyaknya pengguna KTP digital, pemerintah perlu memperhatikan beberapa hal penting. Pertama, perlindungan data pengguna harus menjadi prioritas utama. Dalam era digital yang rentan terhadap pencurian data dan aksi hacker, pemerintah wajib mengambil langkah-langkah yang efektif untuk melindungi data pribadi pengguna.

Selain itu, pemerintah juga perlu memastikan infrastruktur teknologi yang mendukung penggunaan KTP digital sudah mencukupi dan handal. Jaringan internet yang stabil dan keamanan data yang terjamin menjadi hal penting agar penggunaan KTP digital dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Dalam menghadapi tantangan ini, kolaborasi antara pemerintah, instansi terkait, dan masyarakat sangat diperlukan. Pemerintah dapat menyediakan regulasi yang mengatur penggunaan KTP digital, sementara instansi terkait bertanggung jawab dalam pengembangan dan pemeliharaan aplikasi IKD yang aman dan mudah digunakan. Sementara itu, masyarakat diharapkan dapat mengikuti panduan penggunaan KTP digital dengan seksama dan melapor jika menemui masalah keamanan atau penyalahgunaan.

Dalam kesimpulan, KTP digital merupakan inovasi terkini dalam administrasi kependudukan yang menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Namun, pemerintah perlu tetap waspada terhadap ancaman keamanan dan menjaga kualitas layanan yang diberikan kepada pengguna. Dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, instansi terkait, dan masyarakat, penggunaan KTP digital dapat menjadi solusi praktis dan aman dalam mengurus administrasi kependudukan di era digital ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun