Mohon tunggu...
Hafizhotus Solihah
Hafizhotus Solihah Mohon Tunggu... Lainnya - 23107030023 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

mahasiswa UIN Sunan Kalijaga

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Kapal Mendoan: Destinasi Wisata Terbaru di Kebumen

23 Februari 2024   13:32 Diperbarui: 23 Februari 2024   13:44 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                Ada yang baru nih guys ...

Kapal mendoan  di alun-alun kota kebumen, bangunan kapal indah nan megah yang diberinama "kapal mendoan"  terletak di bagian timur alun-alun kota Kebumen. Alun-alun tersebut baru saja di renovasi dan telah berubah sangat drastis dari segala sisinya. 

Awalnya hanya bernama alun-alun kebumen sekarang pun berevolusi menjadi alun-alun pancasila. Adapun perluasan lahan alun-alun dan penambahan fasilitas jogging track, parkir di dalam alun-alun, serta dua panggung hiburan menambah keindahan yang ada. 

Nantinya kapal mendoan ini akan dijadikan sebagai tempat kulineran pengunjung dan juga PKL yang awalnya berjualan di sekitar alun-alun akan ditempatkan dalam satu bangunan kapal ini agar lebih tertib dan teratur. Dengan tujuan tersebut para PKL juga tidak perlu bongkar pasang tenda ataupun mendorong gerobak lagi dan tempat jajanan di kawasan alun-alun hanya terdapat di kapal mendoan  serta tidak diperbolehkan di tempat selainnya. 

Hal itu pastinya akan berdampak baik pada ketertiban dan kebersihan di sekitar alun-alun. Selain itu bangunan kapal ini juga bisa dijadikan sebagai spot foto estetik dan menjadi daya tarik tersendiri sebagai ciri khas dari alun-alun kota kebumen. 

Ada juga air mancur dan gemerlap lampu berwarna-warni di malam hari menjadikan semakin memukaunya alun-alun kota kebumen seperti hal nya alun-alun di kota-kota lain pada umumnya.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Proyek Strategis Pemerintah Kabupaten Kebumen

Proyek renovasi alun-alun dan pembangunan bangunan berbentuk kapal raksasa ini digarap oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindag) dengan menghabiskan dana sekitar Rp 4,3 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun  2024 Kabupaten Kebumen. Proyek reovasi dan pembangunan bangunan kapal disebutkan sebagai salah satu dari 10 Proyek Strategis Pemerintah Daerah. 

Bupati Kebumen, Arif Sugianto dan pihak pemerintah akan mengawal dan memastikan agar proyek berjalan dengan lancar dan tepat waktu sesuai dengan perencanaan. Dan benar saja, pengerjaan renovasi serta pembagunan kapal mendoan tidak menghabiskan waktu yang lama dan mulai awal tahun 2024 sudan bisa digunakan kembali seperti sedia kala.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun