Mohon tunggu...
Hafiz Herdiansyah
Hafiz Herdiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa universitas UIN jakarta jurusan pendidikan ips

Saya orang yang simpel tidak suka berpergian kadang tertutup kadang terbuka suka mendengarkan musik hobi saya bermain Badminton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kaitan antara Ilmu Pendidikan Islam dan Ilmu Pengetahuan beserta Teknologi

6 Desember 2022   17:10 Diperbarui: 6 Desember 2022   17:31 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kaitan antara ilmu pendidikan islam dan ilmu pengetahuan beserta teknologi

Ilmu pendidikan islam adalah ilmu yang berdasarkan ajaran-ajaran agama islam yang di bawa oleh nabi Muhammad SAW yang berisi ajaran-ajaran tentang kehidupan manusia.

Ilmu pendidikan islam dan ilmu pengetahuan adalah kedua ilmu yang berkaitan, keduanya adalah seperangkat ilmu yang mendorong tentang kehidupan manusia, yang idealnya kedua ilmu tersebut adalah ilmu yang berdampak positif pada perkembangan umat manusia dan idealnya kedua ilmu tersebut ialah ilmu yang membimbing manusia agar mampu berfikir positif, ilmu pendidikan islam adalah ilmu yang didasarkan oleh al Qur’an, hadis, serta akal.

Ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan islam ialah ilmu yang di gunakan untuk memecahkan berbagai masalah yang ada pada kehidupan manusia serta menjadikan ilmu tersebut pedoman bagi kehidupan manusia.

Ilmu pendidikan islam dan teknologi, teknologi bagi islam adalah suatu yang sangat penting yang tidak mungkin di pisahkan antara keduanya karena teknologi juga ilmu yang mendorong manusia untuk berkembang, dan islam juga menenkankan kepada manusia betapa mulianya orang yang berilmu.

Teknologi ialah suatu kemajuan yang membawa dampak besar kepada masyarakat dan dampak itu bisa menjadikan dampak positif dan negatif, oleh karena itu perkembangan teknologi haruslah di barengi dengan berkembangnya manusia yang memanfaatkan teknologi tersebut agar tidak salah jalan dalam perkembangan nya.

Oleh karena itu islam dan ilmu pengetahuan yang ada di dalamnya ada suatu hal yang sangat penting bagi penyeimbang kemajuan teknologi ini, dan karena itu jugalah islam menekankan agar manusia hendaknya berilmu setinggi tingginya, karena jika teknologi itu terus berkembang dan manusia tidak bisa untuk menyeimbangkan nya maka  kemajuan teknologi tersebut hanya akan bersifat negatif bagi manusia.

Oleh karena itu ilmu pendidikan islam, ilmu pengetahuan dan teknologi harus lah berjalan seiringan dalam perkembangan kemajuan manusia, dan karena itu juga harus lah kita menekankan kepada penerus kita anak cucu untuk bisa menyeibangi kemajuan teknologi oleh karena itu kita  harus menekan kan kepada para penerus bahwa pendidikan islam adalah penting bagi kemajuan manusia terutama bagi bangsa kita sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun