Mohon tunggu...
Hafizh Alwini
Hafizh Alwini Mohon Tunggu... Freelancer - .

.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Visi dan Misi untuk Menjadi Pemimpin yang Bisa Membuat Perusahaan Berkembang Pesat

15 Agustus 2021   19:54 Diperbarui: 15 Agustus 2021   19:58 33 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Visi dari seorang pemimpin merupakan hal paling mendasar yang perlu pemimpin miliki untuk membangun perusahaan agar lebih maju di masa depan. Visi mencakup masa depan perusahaan yang kredibel namun tidak mudah dicapai dan dipercaya oleh semua orang yang terlibat dan secara realistis dapat dicapai, namun menawarkan masa depan yang lebih baik dari yang sedang dijalankan saat ini.

Ketika seseorang pertama kali menjadi pemimpin, ia akan dibebani oleh ekspektasi timnya yang mengharapkan perubahan dan menjadi pemimpin yang visioner untuk membawa perusahaan menjadi lebih baik. 

Hal tersebut bisa pemimpin lakukan dengan memiliki visi yang kuat dan menginspirasi. Visi tersebut telah dikaitkan dengan kinerja organisasi yang lebih tinggi serta motivasi dan kepuasan karyawan yang lebih besar. Pemimpin perlu membuat visi yang dapat dengan mudah dikomunikasikan dan dipahami oleh semua orang dalam organisasi dan berfungsi untuk memotivasi semua karyawan.

Sebuah organisasi tidak perlu memiliki slogan-slogan yang pendek dan mudah dikomunikasikan, hal terpenting dari visi adalah visi yang sangat kuat karena para pemimpin memberikan gambaran yang meyakinkan tentang ke mana tujuan organisasi itu.

Visi yang dibuat oleh pemimpin perlu selaras dan diintegrasikan dengan jalannya lingkungan perusahaan baik internal maupun eksternal agar dapat dipahami dengan baik oleh pihak-pihak yang bersangkutan.

Tingkat berhasilnya sebuah visi dari perusahaan bergantung dari kemampuan dan kualitas para pemimpin dalam menjalani dan mengembangkan visi tersebut. Visi perlu dibuat berdasarkan tantangan yang sekiranya akan dihadapi oleh pemimpin dalam jangka panjang sehingga pemimpin perlu memberikan visi dengan fondasi yang positif untuk meningkatkan semangat dan moral para anggota agar memberikan kinerja yang maksimal dalam bekerja.

Visi bisa disebut sebagai penuntun bagi seseorang karena dapat menarik semua orang dengan tujuan yang sama menuju masa depan. Visi juga dapat membantu anggota hingga pemimpin itu sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan memberikan energi kepada karyawan dengan cara yang tidak biasa dilakukan. 

Jika sebuah visi selalu diulang pada saat afirmasi pagi sebelum dimulainya kerja, maka afirmasi dan visi tersebut akan tertanam di dalam diri pemimpin dan anggota sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi keduanya.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan