Mohon tunggu...
Hafiya Safrida
Hafiya Safrida Mohon Tunggu... Mahasiswa - communication student

teruslah menyinari bagai lampu jalanan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sikap Toleransi dalam Menjaga Keutuhan NKRI Melalui Nilai Pancasila, Apakah Kalian Termasuk?

24 Oktober 2021   16:31 Diperbarui: 24 Oktober 2021   16:34 107 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bangsa Indonesia merupakanbangsa yang heterogen sehingga  kaya akan beragam budaya, ras, suku, bahasa, agama dan sebagainya. Oleh karenanya diperlukan rasa toleransi yang tinggi. Setiap suku, ras, budaya harus saling menghargai perbedaannya dan menjadikan hal itu sebagai pemersatu bangsa bukan pemecah belah bangsa.

Toleransi merupakan sikap saling mengahargai dan menghormati mengenai pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita dalam konteks ini, perbedaan yang dimaksud adalah perbedaan yang terdapat di sebuah kelompok masyarakat. Toleransi mengajarkan kita untuk saling menolong tanpa memandang status atau asal usul orang lain yang berbeda dengan kita. Hal tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Contoh toleransi:

  • toleransi antar agama, toleransi antar agama berlangsung antar pemeluk agama satu dengan yang lainnya. Contoh dari penerapannya ialah tidak membuat keributan saat umat agama lain sedang beribadah, saling menghormati hari besar agama lain dan tidak memaksakan kepercayaan kita kepada orang lain.
  • Toleransi antar suku dan ras, toleransi antar suku berlangsung antar suku satu dengan lainnya. Contoh dari implementasi tolernasi antar suku ialah tidak membeda-bedakan atau mendiskrimimasi orang yang berbeda suku dengan kita. kita harus menyadari bahwa meskipun berbeda suku dan ras tetapi kita masih satu bangsa yaitu bangsa Indonesia.
  • Tolernasi antar budaya, toleransi antar budaya berlangsung antar budaya yang satu dengan yang lainnya. Kita harus saling menghormati dan menghargai budaya lain yang berbeda dengan budaya kita. Tidak boleh ada kelompok yang merasa budaya nya lebih tinggi atau lebih hebat dibanding budaya lain yang berbeda.
  • Toleransi antar gender, toleransi antar gender berlangsung antar wanita dan pria. Disini dimaksudkan bahwa pria dan wanita memiliki hak, kewajiban dan kedudukan yang sejajar dalam masyarakat. Wanita berhak untuk mengenyam pendidikan yang tinggi serta meraih cita-cita dalam berkarir.

Namun pada implementasinya, banyak masyarakat yang tidak menerapkan nilai tersebut dan bersikap intoleransi terhadap kelompok yang berbeda dengannya. Sikap intoleransi tersebut membuat banyak permasalahan sosial hingga perpecahan antar kelompok yang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik indonesia.

Oleh karena itu, untuk dapat mempertahankan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik indonesia kita perlu menerapkan nilai-nilai Pancasila agar dapat menjunjung tinggi sikap toleransi. Dengan memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila maka kita otomatis akan dapat berperilaku toleransi terhadap perbedaan baik itu antar agama, suku dan ras, budaya maupun gender.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan