Mohon tunggu...
Hafidz kertas
Hafidz kertas Mohon Tunggu... Mahasiswa, manusia yang belum merdeka

Pembaca berita

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Halal Bi Halal Bersama Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru di Saat Pandemi

25 Mei 2020   15:55 Diperbarui: 25 Mei 2020   15:54 11 1 0 Mohon Tunggu...

Direktorat perfilman, musik, dan media baru yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Halal bi Halal secara online, pada Senin 25 Mei 2020. 

Acara ini diikuti oleh Ahmad Mahendra, selaku direktur direktorat perfilman, musik, dan media baru, selain Ahmad Mahendra ada djonny syafruddin selaku ketua GPBSI, Noorca Massardi selaku pengamat film dan anggota LSF periode 2020-2024, H. Firman Bintang, dan para pelaku seni yang lain.

Dalam Halal bi Halal kali ini, membicarakan mengenai produksi film, penayangan film, pembukaan bioskop, dan bantuan pemerintah terhadap lembaga seni dan pelaku seni yang terdampak covid - 19.

Menurut Mahendra, pihaknya sudah mengumpulkan data para pelaku seni yang terdampak covid - 19 melalui pengisian borang. Mahendra mengklaim sudah ada lebih dari tiga ribu pelaku seni yang sudah tercatat.

"Ada sekitar 38 ribu pelaku seni yang terdata dan akan mendapatkan bantuan," kata Mahendra.

Diketahui, Pemerintah provinsi DKI Jakarta menutup tempat hiburan, termasuk di dalamnya bioskop yang menjadi wadah para seniman, pada 23 Maret kemarin untuk mencegah penyebaran Covid - 19.

Dengan hal itu, sutradara Anggy Umbaran mengaku kesulitan untuk melakukan syuting di tengah pandemi ini, Ia juga menuturkan bahwa para pelaku perfilman turut bahu membahu secara Swadaya untuk membantu sineas yang terdampak covid - 19. Selain itu, Anggy mengaku kalau dirinya dan juga kru-krunya belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"sampai saat ini, untuk kru kami belum menerima bantuan," ujar Anggy.

Dalam kesempatan itu juga, Noorca Massardi memberi masukan kepada Ahmad Mahendra untuk membuat platform nonton berbayar guna membantu para pekerja seni, karena menurutnya, tidak mungkin setelah New normal sekalipun dapat meraup satu juta penonton dalam satu minggu.

"tidak mungkin dalam satu minggu bisa mencapai satu juta penonton," tutur Noorca.

Sementara, aktris Putri Ayudya mengatakan, bahwa pelaku seni harus mempunyai daya tahan terhadap kondisi apapun, termasuk masa pandemi, karena menurutnya para pelaku seni itu termasuk orang yang kreatif.

"Para pelaku seni punya daya tahan terhadap segala kondisi termasuk dimasa Pandemi seperti ini, namanya juga orang kreatif," ujar putri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x