Mohon tunggu...
HafianiMAPWKUniversitas Jember
HafianiMAPWKUniversitas Jember Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Efisiensi Rumah Susun dan Apartemen untuk Pengganti Perumahan Sederhana

6 Oktober 2022   03:07 Diperbarui: 6 Oktober 2022   03:12 134 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Penggunaan lahan untuk perumahan yang hanya satu atau dua lantai, rasa-rasanya kurang efisien. Saat ini, jumlah populasi terus bertambah, kebutuhan akan tempat tinggal terus meningkat sedangkan lahan terbuka tidak bertambah luasnya. Hal tersebut menyebabkan kesulitan tersendiri untuk pemenuhan kebutuhan akan tempat tinggal. Maka perumahan dengan sekumpulan rumah yang hanya terdiri atas satu atau dua lantai akan membuat pemenuhan kebutuhan akan tempat tinggal tidak tercapai, yang mana hal ini bisa diatasi dengan pembangunan apartemen ataupun rumah susun yang bisa menampung banyak orang dalam satu bangunan yang hanya memakan beberapa petak tanah.

Apartemen yang dimaksud adalah tempat hunian yang terdiri atas kamar duduk, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan fasilitas rumah lainnya, yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat yang tinggi, biasanya dalam satu gedung tinggi tersebut ada suatu lantai yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, pusat perbelanjaan, gym, dan sebagainya yang bisa diakses oleh pemilik maupun penyewa apartemen. Sedangkan, Rumah Susun sendiri sering kali dikatakan sebagai apartemen versi sederhana atau low budget, meskipun sebenarnya apartemen bertingkat juga bisa dikategorikan sebagai rumah susun karena memiliki fasilitas yang kurang lebih sama hanya berbeda untuk fasilitas tambahan seperti kolam renang dan sejenisnya.

Pembangunan apartemen akan membuat luas lahan yang akan digunakan akan jauh menyusut, padahal dapat menampung jumlah yang sama atau bahkan jauh lebih banyak dengan perumahan yang membutuhkan lahan yang sangat luas.

Harga apartemen juga lebih terjangkau, karena tanah tidak termasuk dalam aset yang dibeli. Namun, seharusnya hal ini bukanlah hambatan untuk memiliki hunian yang nyaman. Karena harga rumah dan tanah yang saat ini bisa dikatakan sangat tinggi tentu akan sangat menguntungkan jika ada tempat hunian mewah dan modern dengan harga yang dibandrol setengah harga dari rumah sederhana di perumahan.

Untuk masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke bawah yang kesulitan untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak rumah susun bisa menjadi solusi yang sangat efisien. Rumah susun memiliki fasilitas yang kurang lebih sama dengan fasilitas yang dimiliki rumah sederhana. Harga yang dipatok juga tentu saja jauh berbeda dengan rumah sederhana yang ada di perumahan, rumah susun akan sangat membantu untuk masyarakat menengah ke bawah agar bisa memiliki tempat hunian yang layak dengan budget yang tidak terlalu tinggi.

Kawasan perumahan sederhana juga sangat berpotensi menjadi kawasan kumuh, yang di mana hal ini akan merusak estetika kota, merusak tatanan kota, membuat kesenjangan sosial akan semakin terlihat, dan tentu saja akan memperlihatkan bahwa tidak meratanya pembangunan kota tersebut. Hal ini juga bisa memenuhi perekonomian di daerah tersebut, karena tentu saja di kawasan pemukiman kumuh perekonomian di tempat tersebut tersendat dan hanya kemungkinan kecil akan berkembang jika tetap dibiarkan begitu saja.

Apartemen dan rumah susun adalah potensi yang akan sangat menguntungkan jika pengelolaan baik dan benar, karena apartemen dan rumah akan menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan hunian di zaman sekarang. Di mana zaman sekarang tidak lagi hanya mementingkan aset tanah yang akan dimiliki tapi juga kenyamanan yang bisa diambil dari tempat yang ditinggali. Apartemen biasanya juga di desain dengan memaksimalkan setiap sudut, sehingga dengan luas yang tidak begitu lebar bisa menjadikan apartemen cukup untuk satu keluarga tinggal di dalamnya karena pemanfaatan ruang yang tepat. Desain apartemen juga biasanya lebih up to date atau lebih modern sehingga akan terlihat lebih elegan dan lebih nyaman juga tentunya untuk ditinggali.

Perumahan sederhana yang padat penduduk jumlahnya juga tak terhitung lagi. Padahal pemanfaatan lahan yang ada di sana bisa digunakan untuk pembangunan gedung tinggi yang akan menghasilkan income lebih besar nantinya, tidak hanya dari segi pembangunan apartemen ataupun rumah susun, pembangunan gedung yang bisa digunakan kegiatan perkantoran tentu saja akan menghasilkan dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Pengembangan apartemen dan rumah susun harus lebih digencarkan lagi, karena dapat membuat lahan-lahan akan lebih longgar dan bisa digunakan untuk pembangunan prasarana lainnya, seperti untuk pembangunan taman edukatif, hutan kota, dan pembangunan kawasan lainnya yang juga dapat menghasilkan dan mendukung perkembangan ekonomi di kawasan tersebut.

Meskipun tidak semua lahan bisa dibangun gedung tinggi yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan perekonomian namun lahan tersebut juga bisa digunakan untuk pembangunan fasilitas lain yang akan membuat kota nampak lebih estetis dan bisa saja membuat perekonomian naik, seperti dibangunnya tempat wisata buatan yang akan mendatangkan wisatawan dan akan menumbuhkan lapangan pekerjaan yang akan berdampak pada peningkatan rata-rata penghasilan penduduk yang tinggal di daerah tersebut dan hal tersebut akan mengindikasikan bahwa perekonomian di daerah tersebut sedang tumbuh.

Pembangunan apartemen ataupun rumah susun di daerah Kabupaten Jember bahkan bisa dikatakan tidak ada, walaupun lahan kosong yang bisa digunakan untuk perumahan masih banyak tentu saja tidak ada salahnya untuk mulai melakukan pembangunan apartemen ataupun rumah susun agar lahan-lahan yang tersisa bisa digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana lainnya yang dapat menunjang perekonomian. Peluang untuk pembangunan apartemen harusnya bisa sangat besar karena persaingan di Kabupaten Jember nyaris tidak ada. Dengan harga yang ditargetkan untuk kalangan menengah ke atas dan desain elegan yang disuguhkan, maka bisa dipastikan apartemen tersebut akan menjadi incaran banyak orang dikarenakan perekonomian Kabupaten Jember sedang bertumbuh dan berpotensi untuk mendatangkan penduduk baru yang akan tinggal di daerah Kabupaten Jember.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan