Mohon tunggu...
Hadi Suwarno
Hadi Suwarno Mohon Tunggu... Penulis - Pendidik

Pembelajar sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Gaya Belajar

16 Februari 2022   16:18 Diperbarui: 16 Februari 2022   16:26 2180 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tiga Macam Gaya Belajar  (c) Hadi Suwarno

Cara belajar seorang anak memiliki keunikan masing-masing. Keunikan tersebut dipengaruhi berbagai faktor. Faktor yag paling dominan berasal dari bawaan individu sejak lahir. Itulah yag dinamankan modalitas belajar anak.

Modalitas belajar terdiri dari tiga macam yaitu visual, auditori dan kinestetetik. Ketiganya disingkat VAK. Modalitas tersebut mempengaruhi gaya belajar anak. Karena itu ada anak dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik.

Anak yang memiliki modalitas visual lebih cenderung mampu belajar dengan cara mengamati. Anak dengan modalitas auditori lebih mudah belajar dengan cara mendengarkan suara. Sedangkan anak yang bermodalitas kinestetik lebih mudah dengan peragaan atau gerakan badan.

Meskipun kecenderungan tersebut bisa diminan pada satu aspek pada individu. Namun pada hakekatnya memberikan stimulus yang beragam kepada anak akan membuahkan hasil belajar yang lebih baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan