Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis. Pencerita. Pewawancara.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019 dan 2020. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Semesta Mendukung Ginting dan Karma LCY di Perempat Final Thailand Open

23 Januari 2021   06:22 Diperbarui: 23 Januari 2021   08:34 566 24 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semesta Mendukung Ginting dan Karma LCY di Perempat Final Thailand Open
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, sukses melaju ke perempat final Thailand Open 2021 usai mengalahkan Kunlavut Vitidsarn (Thailand), Kamis (14/1/2021) di Impact Arena, Bangkok (Erika Sawauchi via Kompas.com)

Drama mendebarkan tersaji di babak perempat final Toyota Thailand Open 2021 yang digelar di Bangkok, Thailand, Jumat (22/1) malam. Drama yang menentukan nasib tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

Memang, Ginting tidak ikut tampil di babak perempat final kemarin. Dia sudah tersingkir di putaran kedua, Kamis (21/1). Ginting dikalahkan pemain Hongkong, Lee Cheuk Yiu alias LCY.

Namun, saat LCY menghadapi pemain senior Denmark, Hans-Kristian Solberg Vittinghus di perempat final tadi malam, nasib Ginting ikut dipertaruhkan.

Lolos tidaknya Ginting ke putaran final BWF World Tour ditentukan dari pertandingan ini. Karena alasan itu, pertandingan ini sangat mendebarkan bagi pecinta bulutangkis Indonesia.

Andai Vittinghus yang menang, maka Ginting akan bisa lolos ke BWF World Tour Finals yang digelar pekan depan di Bangkok. Namun, bila LCY yang menang, maka LCY-lah yang lolos. Bukan Ginting.

Sekadar informasi, sesuai namanya, BWF World Tour Finals merupakan putaran final dari gelaran turnamen BWF selama setahun.

Dari lima sektor akan diambil delapan pemain/pasangan dengan raihan poin tertinggi yang didapat dari rangkaian turnamen BWF selama kalender setahun.

Biasanya, BWF World Tour Finals digelar akhir tahun. Namun, karena adanya pandemi, maka turnamen final tersebut digelar Januari ini. Sama seperti Thailand Open yang merupakan turnamen pengganti BWF Super 1000 di tahun 2020.

Semesta mendukung Ginting lolos ke putaran final BWF World Tour

Kembali ke Ginting, dari delapan slot tunggal putra yang lolo ke BWF World Tour Finals, tujuh lainnya sudah lolos. Tersisa satu tempat. Dan itu diperebutkan Ginting dan LCY. Juga pemain India, Sameer Verma.

Sebenarnya, secara poin, pemain Denmark, Marcus Gemke bisa lolos. Namun, karena di World Tour Finals dibatasi hanya ada dua pemain senegara, Gemke tidak lolos. Sebab, sudah ada Anders Antonsen dan Viktor Axelsen yang poinnya lebih tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN