Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Menulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasianival 2019. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Era Koeman Dimulai, "Wajah Baru" Barcelona Terlihat Menjanjikan

28 September 2020   07:00 Diperbarui: 28 September 2020   18:18 588 21 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Era Koeman Dimulai, "Wajah Baru" Barcelona Terlihat Menjanjikan
Ansu Fati (Kiri) dan Ronald Koeman (kanan) saat Barcelona mengalahkan Villarreal 4-0 pada laga yang berlangsung Senin (28/9/2020) dini hari WIB.| Sumber: AFP/Josep Lago via Kompas.com

Bila tampil di kompetisi Liga Spanyol ibarat mengarungi lautan luas, sebuah tim butuh kapal kokoh untuk sampai pada tujuan.

Namun, Barcelona justru mendapati kenyataan berbeda. Jelang mengarungi samudra, kapal mereka oleng. Nakhodanya dipecat. Mesinnya rusak. Bahkan bocor. Seolah tunggu waktu untuk tenggelam.

Adalah akhir buruk di kompetisi 2019/20, yang diikuti kabar panas perihal isu kepergian Lionel Messi, komentar pedas direksi klub di media, dan keluarnya beberapa pemain senior, yang membuat kapal Barca tak lagi kokoh.

Namun, bagaimanapun situasinya, kapal Barcelona harus tetap berangkat mengarungi lautan. Beberapa perbaikan dilakukan. Nakhoda baru bernama Ronald Koeman didatangkan. Messi tetap bertahan. Pemain yang sempat dipinjamkan ke klub lain, kembali pulang.

Nah, tadi malam waktu Spanyol atau Senin (28/9) dini hari waktu Indonesia, era baru Barcelona bersama pelatih Ronald Koeman dimulai. Sebuah awal menggembirakan di Camp Nou. Barca menang besar 4-0 di laga pertama mereka di Liga Spanyol 2020/21.

Ansu Fati (kiri) merayakan gol bersama Jordi Alba. Ansu Fati tampil bagus saat Barcelona menang 4-0 atas Villlarreal, Senin (28/9) dini hari tadi yang menandai era pelatih Ronald Koeman| Foto: Marca/Francesc Adelantado
Ansu Fati (kiri) merayakan gol bersama Jordi Alba. Ansu Fati tampil bagus saat Barcelona menang 4-0 atas Villlarreal, Senin (28/9) dini hari tadi yang menandai era pelatih Ronald Koeman| Foto: Marca/Francesc Adelantado
Padahal, tim yang dihadapi lumayan top, Villarreal. Tim berjuluk "Kapal Selam Kuning" ini kini dilatih pelatih sarat pengalaman, Unai Emery yang pernah menangani Paris Saint Germain dan Arsenal.

Villarreal juga dihuni beberapa pemain matang seperti bek Raul Albiol, gelandang Francis Coquelin, playmaker Dani Parejo, dan penyerang Paco Alcacer hingga Carlos Bacca.

Yang terjadi, Barcelona hanya butuh waktu 45 menit untuk mencetak empat gol ke gawang tim peringkat 5 Liga Spanyol musim lalu itu. Empat gol di babak pertama itu seolah membuat laga berakhir lebih cepat.

Anak muda berusia 17 tahun, Ansu Fati, mencetak gol pertama di menit ke-15 usai meneruskan sodoran Jordi Alba. Empat menit kemudian, pemain kelahiran Guinea-Bissau tapi membela Timnas Spanyol ini kembali menjebol gawang Villarreal. Kali ini memaksimalkan umpan Philippe Coutinho.

Di menit ke-35, Ansu Fati yang sebenarnya sudah mulai memperlihatkan potensinya sejak musim lalu, kembali menghadirkan prahara di lini pertahanan Villarreal. Dia dijatuhkan bek Villarreal, Mario Gaspar di kotak penalti.

Barca mendapat penalti. Lionel Messi maju. Keputusan Messi menendang bola ke arah kanan gawang, sebenarnya bisa dibaca Sergio Asenjo. Namun, kiper Villarreal telat beberapa detik untuk menjatuhkan dirinya. Bola pun masuk ke gawang. Itu gol pertama Messi musim ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN