Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Nulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah bekerja di "pabrik koran". Nominasi kategori 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Mengenal Evgeniya Kosetskaya, Pemain Rusia Penakluk World No 1 di China Open

18 September 2019   14:45 Diperbarui: 19 September 2019   01:01 0 8 5 Mohon Tunggu...
Mengenal Evgeniya Kosetskaya, Pemain Rusia Penakluk World No 1 di China Open
Pebulutangkis tunggal putri asal Rusia, Evgeniya Kosetskaya, mengalahkan pemain rangking 1 dunia di putaran pertama China Open 2019/Foto: bwfworldtour.bwfbadminton.com

Bila harus menyebut nama-nama petenis putri asal Rusia, sampean (Anda) pastinya tidak kesulitan. Karena memang, Rusia sejak dulu dikenal sebagai negara penghasil petenis handal. Ada banyak petenis putri dari Rusia yang mendunia.

Mari kita absen. Di awal 2000-an dulu, kita mengenal nama Anna Kournikova, Anastasia Myskina, Nadia Petrova, Elena Dementieva, Svetlana Kuznetsova, Dinara Safina, Maria Kirilenko, dan tentu saja, Maria Sharapova yang pernah menjadi ratu tenis dunia.

Hingga kini eranya Ekaterina Alexandrova, Daria Kasatkina, dan Veronika Kudermetova. Usia mereka baru 22-24 tahunan. Memang, prestasi mereka belum semegah Sharapova dulu. Namun, kehadiran mereka menjadi bukti bahwa regeerasi petenis di Rusia tidak berhenti.

Namun, bila petunjuknya diubah menjadi "sebutkan nama-nama pebulutangkis putri asal Rusia", sampean pastinya kesulitan. Rusia sebenarnya punya banyak pebulutangkis putri. Namun, karena prestasinya tidak mendunia, popularitas mereka tidak seperti petenis putri Rusia.

Kejutan paling mengagetkan di putaran I China Open

Tapi, Selasa (17/9) kemarin, kita akhirnya dipaksa untuk mengenal pebulutangkis putri Rusia. Namanya cukup susah dieja. Evgeniya Andreevna Kosetskaya. Kemarin, pebulutangkis berusia 24 tahun ini mencuri perhatian setelah membuat kejutan dahsyat di putaran pertama turnamen bulutangkis China Open 2019.

Di luar dugaan, Evgeniya Kosetskaya berhasil mengalahkan tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi yang kini menduduki rangking 1 dunia. Kosetskaya mengalahkan Yamaguchi yang menjadi unggulan 1 China Open 2019 lewat rubber game superketat, 20-22, 21-17, 24-22.

Memang, hari pertama China Open 2019 kemarin dipenuhi banyak kejutan. Ada banyak pemain unggulan yang langsung tersingkir. Seperti Nozomi Okuhara (Jepang) yang merupakan tunggal putri juara dunia 2017, lalu Viktor Axelsen (Denmark) yang berstatus tunggal putra juara dunia 2017. Keduanya langsung tereliminasi.

Daftar bertambah panjang bila menyebut gand aputra finalis China Open 2018, Han Chengkai/Zhou Haodong yang juga langsung tersingkir. 

Termasuk dua pemain andalan Indonesia yang menjadi unggulan tetapi langsung out. Yakni tunggal putra Jonatan Christie dan pasangan ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Namun, kejutan yang paling mengagetkan adalah kemenangan Kosetskaya atas Yamaguchi. Karena memang, belum pernah ada ceritanya, ada pemain tunggal putri Rusia yang bisa mengalahkan pemain "world number 1" di turnamen BWF World Tour level Super 1000.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x