Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Bekerja Menulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pewawancara. Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasianival 2019. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Inilah Enam "Wajah Baru" Kandidat Juara Liga Inggris 2019/20

9 Agustus 2019   22:48 Diperbarui: 9 Agustus 2019   22:52 175 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Enam "Wajah Baru" Kandidat Juara Liga Inggris 2019/20
Man.City saat merayakan gelar Liga Inggris musim lalu. Siapa yang akan juara musim ini?/Foto: BBC.

Selamat datang kompetisi Premier League Liga Inggris musim 2019/20. Ya, mulai akhir pekan ini, Liga Inggris akan kembali bergulir dan memanjakan kita selaku para pecinta sepak bola.

Perjalanan panjang menuju garis finish (juara) akan dimulai di Stadion Anfield, saat tim runner-up Liga Inggris musim lalu, Liverpool, menjamu salah satu tim promosi yang merupakan juara Divisi Championship, Norwich City , Sabtu (10/8) dini hari.

Lantas, enam pertandingan digelar pada Sabtu (10/8) malam. Salah satunya laga juara bertahan, Manchester City yang akan mengawali upaya mempertahankan gelar dengan menghadapi tuan rumah West Ham United di London. Termasuk tim peringkat 4 musim lalu yang juga runner-up Liga Champions, Tottenham Hotspur yang menjamu tim promosi tapi 'stok lawas', Aston Villa.

Pekan pertama Liga Inggris musim 2019/20 berlanjut pada Minggu (11/8) yang memainkan tiga pertandingan. Nah, yang seru, laga pekan pertama akan ditutup dengan pertandingan besar di Old Trafford ketika Manchester United menjamu Chelsea seperti dikutip dari https://www.premierleague.com/fixtures

Kompetisi musim baru, tentu saja menghadirkan nuansa baru. Mulai dari komposisi kontestan liga yang berbeda dari musim lalu karena ada tiga tim terdegradasi dan tiga tim promosi dari Divisi Championship. Termasuk juga pemain yang datang dan pergi.

Di Liga Inggris musim ini, kita tidak akan lagi menyaksikan aksi beberapa pemain tenar seperti Eden Hazard, Romeru Lukaku dan Aaron Ramsey yang telah 'lulus' dari Premier League. Dan tentu saja, ada yang pergi, ada yang datang. Meski, beberapa pemain baru yang datang, belum bisa dikategorikan superstar.

Meski begitu, menarik ditunggu seberapa besar kontribusi para pendatang baru ini di klub baru mereka. Utamanya bagi enam tim top Liga Inggris yang layak dimasukkan sebagai kandidat juara musim ini. Seperti apa "wajah baru" para kandidat juara Liga Inggris musim ini?

Tumben, Arsenal senang belanja

Salah satu yang tidak biasa di masa persiapan Liga Inggris musim 2019/20 ini adalah keaktifan Arsenal di bursa transfer pemain. Ya, tim London ini cukup royal menghamburkan duit dan melakukan lobi-lobi untuk meminjam pemain.

Salah satu yang menyedot perhatian adalah bergabungnya gelandang Real Madrid, Dani Ceballos dengan status pemain pinjaman. Arsenal bahkan mengeluarkan duit dalam jumlah besar untuk membeli penyerang Nicolas Pepe dari klub Prancis, Lille. Pepe (24 tahun) yang berasal dari Pantai Gading (Afrika), dibeli Arsenal dengan harga 72 juta punds (setara dengan Rp 1,2 triliun) yang menjadi rekor pembelian termahal klub.

Belum cukup sampai di situ, di masa deadline transfer pemain kemarin, Arsenal berhasil memperkuat lini pertahanan dengan merekrut David Luiz dari klub tetangga, Chelsea. Serta, full back Kieran Tierney dari Glasgow Celtic.

Padahal, di musim-musim sebelumnya, Arsenal dikenal sebagai 'tim efisien'---untuk tidak menyebut tim yang pelit mengeluarkan duit untuk membeli pemain baru. Menariknya lagi, media-media Inggris sempat mengabarkan bahwa Arsenal hanya punya budget minim di bursa transfer pemain. Hanya sekitar 45 juta pounds.

Menarik ditunggu bagaimana penampilan Arsenal musim ini yang merupakan musim kedua di bawah pelatih Unai Emery. Setelah musim lalu masih berada di bawah bayang-bayang Arsene Wenger karena sebagian pemain merupakan 'warisan' Wenger, kali ini Unay Emery sepertinya akan bisa leluasa menampilkan keinginannya di lapangan.

Chelsea kini dilatih Frank Lampard

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN