Mohon tunggu...
Edukasi

Buatlah Cara Pengasuhan yang Menyenangkan Untuk Anak

1 November 2018   20:56 Diperbarui: 1 November 2018   21:15 0 0 0 Mohon Tunggu...

Anak-anak sudah menginjak umur 3 sampai 4 tahun pasti akan sangat aktif saat bermain atau pun saat berinteraksi dengan orang lain. Semakin aktifnya anak pada saat bermain menjadi kewajiban orang tua untuk selalu mengawasi agar anak dapat bermain dengan aman dan tidak merasaka ancaman bahaya atau takut. 

Bagi orang tua yang memiliki anak yang berusia 3 sampai 4 tahun harus bekerja keras dalam masalah mengasuh anak, karena dalam usia tersebut rentan terhadap semua hal yang baru menurut anak. Orang tua harus pintar-pintar menfilter semua hal-hal baru tersebut agar anak menerima yang bersifat positif dan sesuai dengan keadaan usia dan keadaan daya tangkap anak.

  • Mengajarkan bahasa yang baik
  • Mendidik anak pada usia 3 sampai 4 tahun paling awal yang bisa di lakukan oleh orang tua adalah mengajarkan berbahasa. Bahasa merupakan sebuah kebutuhan pokok yang harus di kuasai setiap individu tak terkecuali pada anak-anak. Karena pada anak usia dini, anak akan cenderung untuk belajar apapun pada khususnya aspek bahasa. Bagi orang tua hal ini sangat wajib di ajarkan kepada anak, dengan memperhatikan proses dan hasilnya. Karena dengan berbahasa yang baik dan benar akan membuat anak pada saat ini dan sampai dewasa memiliki kemampuan bahasa dan tata bicara yang sopan dan lancar.
  • Pendidikan agama
  • Pendidikan agama harus ditanamkan sejak awal anak sudah mengerti apa yang dimaksud benar dan apa yag dimaksud salah. Pendidikan agama merupakan pendidikan yang pertama dan yang paling utama. Karena dengan pendidikan agama akan memandu anak dalam menjalani kehidupan kedepannya sesuai dengan ajaran-ajaran di agama dan tidak menyimpang. Menanamkan dengan kuat soal pendidikan agama anak akan selalu terjaga dalam setiap menjalani aktivitas kehidupan.
  • Mengajak untuk bermain
  • Bermain adalah salah satu hal yang paling di sukai oleh anak. Karena bermain membuat anak selalu ceria dan gembira dan merasa selalu berwarna. Hal seperti ini merupakan hal yang sangat penting, orang tua dapat mengajak anak bermain seperti menari, bernyanyi. Mendidik anak dengan cara ini pasti akan membuat anak tambah ceria. Karena anak yang ceria akan mudah menangkap apa saja yang sedang diajarkan, sehingga nantinya ia akan menjadikan anak yang cerdas.
  • Mengajari anak menggambar
  • Mendidik anak bisa juga dengan mengajarinya menggambar, karena pada saat menggambar pasti anak akan menceritakan apa saja yang sedang anak gambar. Dengan begitu anak akan menjadi cerdas, karena anak akan berimajinasi dan menceritakannya melalui gambar tersebut. Jadi sesering mungkin orang tua mengajak anak untuk menggambar bersama agar anak bisa terlatih imajinasinya supaya anak tidak menjadi anak yang monoton atau hanya itu-itu saja yag anak bisa. Jadi anak bisa berkreasi sesuai apa yang anak inginkan. Dan medefinisikan gambaran tersebut, gambaran anak selalu memiliki makna yang beragam. Seperti mengumpamakan orang tua atau orang lain menjadi super hero yang menolong mereka di saat anak dalam keadaan bahaya atau kesulitan.

Anak pada usia 3 sampai 4 tahun memang belum bisa berbicara dengan lancar, bahkan anak akan bicara sesuai dengan apa yang sedang orang lain bicarakan. Anak akan berbicara dengan keinginannya sendiri, untuk itu orang tua wajib mengawasi dan mendampingi anak. Pada usia ini semua anak pastinya membutuhkan kasih sayang dari orang tua yang besar. Kasih sayang tersebut harus diberika kepada anak dan harus di rasakan oleh anak, karena itu orang tua wajib memberikannya. Dengan begitu anak tidak menjadi anak yang selalu murung dan pendiam, sebaliknya anak akan menjadi anak yang selalu ceria dan pebuh warna pada kehidupannya.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x