Mohon tunggu...
Habib Nurcahyo
Habib Nurcahyo Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pengertian Menjadi Guru Profesional di Lingkungan PAUD

28 Mei 2018   17:30 Diperbarui: 28 Mei 2018   17:43 769
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pengertian Menjadi Guru Profesional di Lingkungan PAUD adalah seorang guru harus berperan aktif dalam menghadapi anak usia dini yang meliputi aspekm kehidupan dan pembelajaran dilingkungan sekolah PAUD. Menjadi guru PAUD adalah esensi untuk mengabdi dan menjalani sebagai guru PAUD yang harus dimaknai berbeda dan dijalani sepenuh hati tanpa mengharap iming-iming apapun. Karena mengajar dan mendidik bukan didasari oleh pemenuhan hasrat materi, melainkan panggilan hati untuk memcerdaskan anak bangsa, baik dari aspek kognitif maupun empiris.

Dalam menjalankan tugasnya menjadi seorang guru, setidaknya guru harus memiliki kemampuan dan bersikap menguasai kurikulum dalam pembelajaran dan mendidik anak usia dini. Guru harus tahu batas- batas materi yang harus disajikan dalam kegiatan belajar mengajar baik keluasan materi, metode untuk mengajarkan maupun tingkat kesulitan sesuai dengan yang digariskan oleh kurikulum. Agar mereka dapat menangkap pelajar yang diajarkan oleh para guru yang mengajarinya, apabila seorang guru mengajar tidak sesuai kurikulum yang ditetapkan biasanya seorang anak akan sulit dalam menangkap pelajaran yang diajarkan.

Kemampuan dan keterampilan dalam mengajar merupakan hal yang dapat dipelajari serta diterapkan atau dipraktekkan setiap guru. Berikut ini adalah gambaran seorang guru yang baik dan mempunytai profesionalitas dalam mengajar anak didiknya yaitu:

Guru yang baik adalah guru yang waspada secara profesional. Seorang guru terus berusaha untuk menjadikan anak-anak di sekolah menjadi yang paling baik bagi anak usia dini.

Mereka yakin akan nilai atau manfaat pekerjaannya. Mereka terus berusaha untuk selalu meningkatkan kinerja dan mutu mengajarnya anak usia dini, agar anak-anka dapat lebih  nyaman dengan gurunya.

Mereka tidak lekas tersinggung oleh larangan-larangan dalam hubungannya dengan kebebasan pribadinya yang dikemukakan oleh beberapa orang untuk menggambarkan profesinya sebagai seorang guru

Mereka memili seni dalam berinteraksi dengan anak balita yang diperolehnya dari pengamatan tentang pekerjaannya psikologis anak yang didapatnya saat meraka didalam kelas.

Mereka berkeinginan untuk terus menumbuhkan keaktifan anak balita agar mereka mampu menempuh pendidikan jenjang selanjutnya.

Menjatukan pilihan kepada guru PAUD merupakan tanggung jawab yang besar, patut disadari bahwa mendidik anak usia dini tidaklah mudah seperti apa yang dibayagkan. Maka dari itu kesalahan dalam melakukan praktek yang dilakukan kadang menimbulkan kesalahan sedikit, hal ini bukanlah atau fatal. Profesionalitas seorang guru PAUD merupakan keniscayaan yang harus dijalani oleh seorang guru PAUD, karena guru-guru PAUD yang ideal yang sangat di butuhkan untuk mengembangkan dan mendidik anak usia dini. Artinya seorang guru dalam mendidik anak usia dini harus menerima konsekuensinya dalam mengajar anak dilingkungan PAUD.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun