Mohon tunggu...
Habib Nurcahyo
Habib Nurcahyo Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pengembangan dan Aplikasi Media Pembelajaran

19 April 2018   00:46 Diperbarui: 19 April 2018   00:48 1327
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Setelah melakukan evalusi, guru telah memiliki data dan informasi tentang kekurangan dan kelebihan media yang dapat menjadi dasar untuk melakukan pengembangan media pembelajaran. Pengembangan tidak bisa dilakukan jika data dan informasi awal belum dimiliki guru melalui evaluasi, baik evaluasi proses maupun evaluasi hasil. Pengembangan media pembelajaran adalah suatu usaha penyusunan program media pembelajaran yang lebih tertuju pada perencanaan media. 

Media yang akan diitampilkan atau digunakan dalam proses pembelajaran terlebih dahulu direncanakan dan dirancang sesuai kebutuhan siswa. Sehingga pengembangan ini bertujuan untuk menyempurnakan kembali media yang telah diterapkan agar lebih sempurna. Sempurna dari sisi desain, karakteristik, serta dapat mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran.

Terwujudnya media pemelajaran melalui proses panjang. Guru perlu menyusun rancangan media sebelum memproduksi dari mengembangkan. Hal ini dilakukan agar media pembelajaran dapat digunakan untuk pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Pembuatan program media pembelajaran diharapkan dapat dilakukan dengan persiapan dan perencanaan yang sangat teliti. Persiapan dan perencanaan tersebut disusun secara sistematis dan dikembangkan sehingga media pembelajaran dapat lebih efektif. Ada beberapa beberapa pengembangan media pembelajaran menurut para ahli yaitu :

  • Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa.
  • Merumuskan tujuan intrusional dengan operasional yang khas.
  • Merumuskan butiran-butiran materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan.
  • Mengembangkan alat pengukur keberhasilan.
  • Menulis naskah media.
  • Mengadakan tes dan revisi setiap program media pembelajaran.

Dalam proses pembelajaran yang dimaksud dengan kebutuhan adalah kesenjangan antara kemampuan, keterampilan, dan sikap siswa yang diinginkan dengan kemampuan, keterampilan, dan sikap siswa diinginkan setiap individu. Jika akan membuat suatu program media pembelajaran tentu saja diharuskan membuat rancangan atau gambaran yang akan dijadikan atau dimanfaatkan sebagai bekal untuk media tersebut. Jadi sebelum membuat perencanaan atau rancangan media pemeblajaran terlebih dahulu kita survei atau ditanyakan apakah rencana tersebut dapat dilaksanakan atau tidak.

Dari prencanaan tersebut, haruslah memiliki tujuan dan mafaat yang jelas dan sesuai dengan kebutuhan para siswa. Tujuan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam berbagai aspek kegiatan. Tujuan akan membantu untuk mengarahkan program pembelajaran menyesuaikan manfaatnya. Untuk merumuskan tujuan pembelajaran dengan baik ada beberapa ketentuan yang sangat perlu diperhatikan yaitu :

  • Tujuan pembelajaran harus berorientasi kepada siswa bukan berorientasi kepada guru.
  • Tujuan harus dinyatakan dengan kata kerja operasional, artinya kata kerja itu menunjukkan perbuatan yang dapat diamati atau yang hasilnya dapat diukur.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun