Mohon tunggu...
Habib Nurcahyo
Habib Nurcahyo Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Waktu Mengingat Kembali

17 Oktober 2017   17:56 Diperbarui: 17 Oktober 2017   18:19 405
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Waktu mengingat kembali merupakan fase terakhir dari runtutan rencanakan lakukan tinjauan. Ini adalah saat dimana anak-anak merenungkan apa yang telah mereka capai atau alami. Anak-anak menggambarkan pengalaman mereka dalam beragam cara yang sesuai dengan perkembangan. Mereka dapat mengingat kembali nama-nama anak yang mereka libatkan dalam pelaksanaan rencana mereka, mendektekan cerita tentang kegiatan mereka, atau menceritakan masalah yang mereka temui. 

Strategi mengingat lainnya mencangkup membuat gambar tentang apa yang pernah mereka lakukan, membuat contoh, meninjau rencana mereka, dan secara lesan mengingat kembali kejadian yang telah berlalu. Waktu mengingat mendekatkan anak-anak pada kegiatan perencanaan dan waktu bekerja mereka, memberi mereka kesempatan untuk mengungkapkan padangan tentang apa yang telah mereka alami dan pikirkan, dan kerap mengarah pada gagasan-gagasan dan rencana-rencana lanjutan untuk hari berikutnya. Ini juga memberi kesempatan untuk menggunakan bahasa dan ilustrasi untuk memberitahu anak lainnya. Penggunaan bahasa yang kompleks untuk berdiskusi, mejelaskan, dan meramalkan hasil yang akan dicapai adalah hal penting dalam proses dukungan yang dilakukan oleh guru.

Guru membuat kegiatan dimana anak berperan serta selama satu periode tertentu. Semua kegiatan ini dibuat berdasarkan minat anak-anak, latar belakang budaya mereka, tamasya yang telah dilakukan bersama-sama, materi baru yang sudah tersedia di kelas, musim yang sedang berlangsung, dan kegiatan yang sesuai usia seperti memasak dan proyek seni. Meskipun guru menawarkan materi dan struktur untuk kegiatan, anak-anak didorong untuk menyumbangkan ide dan memecahkan masalah yang ditimbulkan oelh kegiatan tersebut dengan cara mereka sendiri.

Semua kegiatan mempunyai awal, pertengahan, dan akhir tapi bersifat fleksibel dalam merespon kebutuhan, kemampuan, minat, dan tingkat kognitif anak. Setiap amak memiliki kesempatan untuk membuat pilihan dan memecahkan masalah pribadi mereka, guru mengembangkan ide dan tindakan anak dengan terlibat dalam percakapan, mengajukan pertanyaan terbuka, dan mendukung situasi pemecahan masalah tambahan. 

Dalam perencanaan dan pelaksanaan waktu, keterlibatan aktif semua anak sangatlah penting. Anak-anak bergerak secara fisik, menggunakan benda materi, memilih, dan memecahkan masalah. Waktu yang aktif memberi kesempatan kepada anak-anak untuk menggali materi dan benda, menggunakan tubuh dan indra mereka, dan bekerja bersama orang dewasa dan anak-anak.

Kemajuan anak diatur di seputar serangkaian petunjuk perkembangan utama yang dikembangkan dari hasil penelitian dan teori perkembangan anak dan dirancang agar seiring dengan standar nasional, negara bagian, dan lokal bagi pembelajaran dini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun