Mohon tunggu...
Habib FitrianaAzzahra
Habib FitrianaAzzahra Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Manajemen Universitas Negeri Malang

Economic Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Menjadi Content Creator? Begini Deskripsi Pekerjaan Beserta Lowongannya

14 April 2022   07:41 Diperbarui: 14 April 2022   07:56 183 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menjadi Content Creator Sukses (Dokumen Pribadi)

Menjadi content creator dinilai sebagai alih karir yang cukup menjanjikan di tengah era digitalisasi ini. Pandemi COVID-19 lalu telah memotong ribuan rantai pemasukan masyarakat, dimana tercatat lebih dari 70 ribu orang menjadi korban PHK selama pandemi. Berdasarkan data dari SocioBuzz jumlah content creator di Indonesia meningkat hingga 3 kali lipat yaitu dari 2.552 user baru per bulan menjadi 7.730 user baru per bulan. 

Hal ini sejalan dengan peningkatan yang masif pada pengguna media sosial sebagai salah satu platform yang digunakan content creator berkarya. Dilansir dari DataReportal pengguna aktif sosial media di Indonesia mencapai 191,4 juta orang pada Januari 2022 lalu. Angka yang besar ini menarik masyarakat untuk tetap berkarya selama masa pandemi dengan beralih ke bisnis content creation.

Menjadi content creator tentu tidak semudah yang dibayangkan. Pekerjaan content creator  bukan hanya membuat foto, video, dan tulisan kemudian mengunggahnya ke media sosial.  Ditambah dengan banyaknya pendatang baru dengan ide atau konten-konten baru yang fresh dan menarik, tentu pekerjaan membuat konten tidak bisa dianggap mudah. 

Pembuatan konten harus memperhitungkan siapa dan bagaimana target audience. Pekerjaan content creator juga bergantung pada untuk siapa content creator itu bekerja apakah pribadi atau perusahaan. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap pekerjaan content creator. Untuk lebih jelas dan lengkap bagaimana sih pekerjaan content creator itu, simak artikel ini sampai habis. Eits ada informasi lowongan pekerjaan juga loh.

Apa itu Content Creator?

Content Creator apabila diterjemahkan artinya pencipta konten yang dapat dijabarkan sebagai orang yang membuat konten yang kemudian mengunggahnya ke media untuk dilihat oleh publik serta bertanggung jawab terhadap konten tersebut. 

Deskripsi Pekerjaan Content Creator

Sebagai orang yang membuat dan bertanggung jawab terhadap konten, content creator dituntut untuk selalu menghadirkan konten yang menarik dan fresh, sehingga mampu menjangkau target audience. Maka dari itu, content creator harus memiliki kreativitas yang tinggi, up to date, berwawasan luas, serta memahami audience yang dituju. Berikut ini adalah peran dan tanggung jawab content creator yang harus kamu ketahui:

  • Melakukan riset topik atau tema konten yang akan dibuat

  • Membuat konten dengan style perusahaan atau pribadi

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Worklife Selengkapnya
    Lihat Worklife Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan