Mohon tunggu...
Hanum woroningjati
Hanum woroningjati Mohon Tunggu... Mahasiswi IAIN Jember

Manfaat dan Barakah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Pendidikan dan Kondisi Pendidikan Saat Ini

20 Maret 2020   10:06 Diperbarui: 20 Maret 2020   10:27 46 13 2 Mohon Tunggu...

pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang dilakukan pendidik melalui bimbingan, pengajaran, dan latihan. Dengan demikian, diharapkan pendidik dapat melakukan bimbingan serta pengajaran kepada peserta didik hingga pada akhirnya peserta didik menjadi pribadi yang dewasa. pendidik selain bertugas untuk mengajar, seorang pendidik juga dituntut untuk mampu mendidik siswa menjadi pribadi yang memiliki akhlak mulia, berbakti kepada kedua orang tua, guru, maupun masyarakat. 

realitanya saat ini, masih banyak siswa yang belum memiliki pribadi yang baik, bahkan terkadang secara terang-terangan siswa melawan gurunya sendiri. Disamping itu, peran orang  tua kepada anaknya sangat penting, sejak awal anak harus dididik untuk menghormati yang lebih tua, dirumah anak harus diajarkan untuk menjadi pribadi yang baik dan sopan. karena itu, kadang pendidikan didalam rumah sangat berpengaruh kepada anak ketika bersosialisasi diluar.

peran seorang pendidik dalam mengayomi peserta didiknya yaitu sebagai pembimbing, dimana guru dituntut untuk mengidentifikasikan peserta didik ketika merasa kesulitan dalam belajar, dimana guru harus mengasah dan melatih peserta didik hingga mereka semua menjadi bisa. Dan pula peran seorang pendidik dalam pembelajaran, pendidik harus menciptakan aturan yaitu disiplin peserta didik ketika berada didalam kelas, interaksi peserta didik kepada guru, interaksi peserta didik kepada sesama, keaktifan dalam proses belajar mengajar. Seiring berjalanya waktu, sejalan dengan tantangan global, peran dan tanggung jawab seorang pendidik harus lebih aktif dan kreatif, 

dimana dibutuhkan seorang pendidik yang harus menyesuaikan kemampuan dan berbagai tingkatan. Jika pendidik tidak memahami mekanisme dan penyebaran informasi yang begitu cepat, pendidik akan kehilangan kepercayaan baik dari peserta didik, orang tua, ataupun masyarakat. Dengan itu pendidik harus melakukan pembaruan atau melakukan penelitian penelitian, dan pendidik harus bisa menyesuaikan dengan proses perkembangan peserta didik.

VIDEO PILIHAN