Mohon tunggu...
Haafiizh
Haafiizh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mari berkembang bersama

Mari belajar bersama

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Manfaat Sarapan Pagi dalam Menunjang Pembelajaran Siswa

27 September 2021   12:12 Diperbarui: 27 September 2021   13:33 30 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Manfaat Sarapan Pagi dalam Menunjang Pembelajaran Siswa
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Nah kita tau kan biasanya anak-anak sulit untuk melakukan sarapan pagi atau mungkin kita sebagai orang tua yang malas untuk membuatkan sarapan karena keadaan waktu yang tidak memungkinkan. Tau kah kamu berapa pentingnya sarapan pagi bagi anak dalam menunjang pembelajaran disekolah? Mari kita bahas dibawah ini.

Masa remaja merupakan masa yang penting karena diusia tersebut anak masih dalam proses pembelajaran. Apakah kamu sebagai orang tua pernah mendengar anak bercerita betapa sulitnya pelajaran yang ada disekolah? Itu mungkin karena kita yang masih kurang perhatian kepada anak dalam memberikan sarapan.

Konsentrasi merupakan hal penting bagi siswa karena merupakan suatu kemampuan untuk memfokuskan pikiran, perasaan, dan kemampuan dalam satu objek tertentu, dengan kegiatan untuk memfokuskan objek dalam pembelajaran siswa dilatih untuk tidak memperdulikan objek lainnya yang tidak ada hubungannya dengan aktivitas tersebut (Larega, 2015).

Ternyata sarapan memiliki pengaruh yang besar bagi anak. Dikarenakan dapat menyiapkan karbohidrat yang siap digunakan untuk meningkatkan kadar gula merah. Kadar gula yang normal dapat meningkatkan gairah dan konsentrasi seseorang menjadi lebih baik sehingga berdapak positif dalam produktifitas keseharian kita. Jika seseorang tidak melakukan sarapat pagi maka tubuh tidak berada dalam keadaan yang ideal dalam melakukan kegiatan termasuk siswa ketika sedang melakukan pembelajaran di pagi hari.

Anak-anak merupakan harta yang paling berharga bagi pembangunan negara kita, generasi selanjutnya harus memiliki tingkat kecerdasan yang melebihi dari generasi pada saat ini oleh sebab itu sarapan pagi menjadi langkah dasar dalam membawa perubahan keadaan siswa saat pembelajaran dipagi hari. Dengan adanya sarapan tubuh akan memiliki ketahanan yang lebih baik dan mampu memusatkan pikiran untuk melaksanakan pembelajaran.

Larega, T. S. P. (2015). Effect Of Breakfast on the Level of Concentration in Adolescents. J Majority, 4(2), 115--121. 

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan