Mohon tunggu...
George
George Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pembangunan Veteran Jakarta

Tugas

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Perkembangan Mobil Elektrik di Indonesia

12 September 2022   19:08 Diperbarui: 12 September 2022   19:29 33 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Kenaikan bahan bakar yang terjadi setelah perang Ukraina Rusia yang menyebabkan adanya campur tangan negara lain dan Rusia, salah satu negara penyuplai minyak mentah terbesar memutuskan untuk memutus semua peredaran minyak ke negara negara lain. Hal ini menyebabkan kenaikan harga minya yang menjadi 90$ per barrel.

Awal inilah yang membuat mobil eletrik semakin gencar di pasaran. Selain alasan harga minyak yang naik, mobil elektrik juga bisa membantu kita dalam mengurangi polusi di Indonesia. Mobil mobil elektrik pun juga terbebas dari aturan ganjil genap yang berlaku di Jakarta. Mobil mobil elektrik yang tersedia dari brand brand mobil tertentu membuat kitab isa lebih memilih mobil elektrik kita lebih baik.

Pertama dari brand Hyundai, yang menyediakan 2-3 model mobil yang mereka tawarkan. Kedua mobil ini yaitu IONIQ dan KONA. IONIQ pun memiliki sub model lagi. Yang pertama merupakan IONIQ 5. Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp. 682 Juta sampai dengan yang tertinggi yaitu Rp. 829 juta yang tertera pada 22 Juni. IONIQ dengan model pertamanya yaitu IONIQ Electric dan IONIQ 5. Untuk yang model KONA mulai dari harga Rp. 674 Juta.

Yang kedua ada dari brand Mini Cooper. Brand ini hanya menyediakan 2 model untuk kategori mobil elektriknya. Mobil elektrik mini cooper yang mulai dibanderol dari harga Rp. 1 miliar. Mobil yang pertama yaitu MINI Electric model termurah yang ditawarkan oleh Mini Cooper. Yang kedua, yaitu Mini Electric Resolute Edition. Model ini merupakan model termahal yang ditawarkan dari brand Mini Cooper.

Dan masih banyak lagi mobil mobil elektrik yang dapat anda cari di Indonesia.

Keuntungan menggunakan mobil elektrik ini adalah anda bisa membantu pemerintah dalam menggunakan bbm. Selain itu, aturan ganjil genap yang biasanya diberlakukan di Jakarta tidak mempengaruhi mobil elektrik anda. Jadi, jika anda orang yang sibuk, bisa menggunakan mobil elektrik anda tanpa harus melihat tanggal ganjil maupun genap.

Tetapi, kekurangan yang ada di mobil elektrik ini ialah tempat pengecasan mobil tersebut. Mobil mobil elektrik yang ada di Indonesia, hanya bisa mengisi daya mobilnya antara di rumah atau outlet pengisi daya yang ada diluar. Tetapi, outlet yang ada diluar pun masih banyak yang belum ada di Indonesia. Sampai saat ini, outlet outlet tersebut hanya ada di Jakarta.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan