Mohon tunggu...
Gutamining Saida
Gutamining Saida Mohon Tunggu... Guru - Guru SMPN 1 Kedungtuban Kab Blora

Jalan-jalan, baca cerita Seorang istri yang banyak mimpi,

Selanjutnya

Tutup

Diary

Misteri Kematian Pak Syahril

30 November 2022   08:33 Diperbarui: 30 November 2022   08:39 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Karya : Gutamining Saida

"Semua makhluk hidup yang bernyawa di dunia akan mengalami kematian"

Berita kematian Pak Syahril mulai menyebar pada rombongan jamaah umroh. Khususnya yang diberangkatkan Pena Tour. Dari jumlah 46 orang dibagi dua kelompok. Kelompok satu di Anjum Hotel berjumlah 28 orang, dan yang satu di Movenpick ada 18 orang. Pak Syahril berada di Movenpick hotel. Sedangkan saya di Anjum hotel. Setelah beberapa menit, berita duka tentang kematian Pak Syahril sudah menyebar di grup whatshap. Grup semakin ramai, ada sebagian jamaah yang tidak percaya. Kemudian beberapa orang mencari informasi ke ustad Farid dan ke ustad Abu Bakar.

Kematian seseorang tidak ada yang tahu, tidak bisa diundur dan dimajukan. Di tempat mana nyawa kita akan dicabut. Hanya Allah yang Maha Tahu.

Berita kematian Pak Syahril mulai menyebar ke rombongan jamaah umroh. Khususnya yang diberangkatkan Pena Tour. Dari jumlah 46 orang dibagi dua kelompok. Kelompok satu di Anjum Hotel berjumlah 28 orang, dan yang satu di Movenpick ada 18 orang. Pak Syahril berada di Movenpick hotel. Sedangkan saya di Anjum hotel. Setelah beberapa menit, berita duka tentang kematian Pak Syahril sudah menyebar di grup whatshap. Grup semakin ramai, ada sebagian jamaah yang tidak percaya. Kemudian beberapa orang mencari informasi ke ustad Farid dan ke ustad Abu Bakar.

Pak Syahril meninggal saat para jamaah akan menuju  ke Jeddah untukkembali ke tanah air. Sehingga keberangkatan para jamaah ditunda. Ambulan menjemput ke hotel dan membawanya ke rumah sakit. Barulah rombongan menuju ke Jeddah.

Kematian adalah misteri yang sukar diterima oleh logika manusia. Peristiwa kematian manusia adalah perpindahan dari alam dunia fana ke alam barzah hingga hari kebangkitan manusia dari kuburnya pada kiamat kelak. Hal ini dipertegas dengan salah satu hadist yang diriwayatkan dari Imam Tirmidzi .

"Sesungguhnya kubur itu awal persinggahan dari persingghan akhirat. Barang siapa yang selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih mudah darinya. Barang siapa yang tidak selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih sukar darinya. (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad dari Utsman bin Affan RA).

Siapkah kita mati sekarang? Mari kita simak keutamaan meninggal di tanah suci. Balasan bagi seseorang yang meninggal di tanah suci adalah

  • Mati sahid
  • Diampuni dosanya
  • Dilindungi dari azab kubur
  • Dinikahkan dengan bidadari surga

Semoga Allah Subhanahu wata'alla menggolongkan pak Syahril husnul khotimah. Beliau yang meninggal saat umroh di tanah suci. Istrinya tabah, sabar serta keluarga yang di tanah air diberi kesabaran dan ketabahan. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun