Mohon tunggu...
Gusti Imam Nugroho
Gusti Imam Nugroho Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Gusti Imam Nugroho adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Ia juga berprofesi sebagai Guru disalah satu sekolah di DKI Jakarta. Dalam hal ini Gusti Imam Nugroho pernah memiliki pengalaman dalam Bidang Organisasi Kemahasiswaan didalam Kampus, Ia pernah menjadi Anggota Organisasi Internal Kampus di Universitas Indraprasta PGRI. dan ia juga pernah menjadi Anggota Organisasi Extra Kampus yaitu Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Dalam hal ini beliau adalah mahasiswa yang sangat Aktif ketika dikampus atau pun ranah kehidupan sosial.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bernalar akan Memacu Siswa-Siswi untuk Berani Berpikir Kritis

13 Mei 2023   21:25 Diperbarui: 13 Mei 2023   21:28 620
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
analisis bernalar siswa (Dokpri)

Bernalar adalah kemampuan untuk berpikir secara kritis dan rasional. Kemampuan ini sangat penting bagi siswa-siswa dalam menghadapi permasalahan dan tantangan di masa depan. Namun, tidak semua siswa-siswa memiliki kemampuan bernalar yang baik.

Untuk memacu siswa-siswi agar berani berpikir kritis, diperlukan peran guru untuk memberikan materi yang menantang dan mendorong siswa untuk berpikir secara kritis.

Kemampuan ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan juga di dalam pendidikan. Untuk memacu siswa-siswi agar berani berpikir kritis, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh bernalar:

1. Mendorong siswa untuk bertanya: Ajak siswa untuk bertanya tentang segala hal yang mereka temukan atau mereka ingin ketahui. Hal ini akan membantu siswa untuk terus mempertanyakan dan mencari jawaban dari informasi yang mereka temukan.

2. Memberikan tantangan: Berikan tugas-tugas yang memerlukan pemikiran kritis. Misalnya, tugas-tugas yang melibatkan pemecahan masalah, analisis data, dan evaluasi argumen.

3. Mengajarkan strategi berpikir kritis: Berikan instruksi tentang bagaimana cara berpikir kritis dan strategi yang digunakan untuk       menyelesaikan masalah dan memecahkan tantangan.

4. Memberikan umpan balik: Memberikan umpan balik yang konstruktif dan spesifik dapat membantu siswa mengembangkan      keterampilan berpikir kritis mereka. Berikan umpan balik pada cara mereka memecahkan masalah atau mengambil keputusan, sehingga mereka bisa belajar dari kesalahan dan kesuksesan mereka.

5. Menunjukkan contoh: Berikan contoh-contoh yang relevan dan menarik tentang bagaimana cara berpikir kritis dapat membantu  kita dalam kehidupan sehari-hari.

6. Menggunakan media yang tepat: Media yang tepat dapat membantu siswa dalam memperoleh informasi dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Bernalar bisa menggunakan media seperti video, artikel, dan diskusi untuk memperkaya pengetahuan siswa.

Praktek analisis bernalar siswi (Dokpri)
Praktek analisis bernalar siswi (Dokpri)
Dengan melakukan hal-hal di atas, bernalar dapat memacu siswa-siswi untuk berani berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara obyektif dan kritis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun