Mohon tunggu...
Moehammad Gustavie
Moehammad Gustavie Mohon Tunggu...

that's a simple man of quality, creativity, surgent. My blog : http://gustav-econimics.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Toko Online

22 Februari 2012   07:14 Diperbarui: 25 Juni 2015   19:20 8634 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kelebihan dan Kekurangan Toko Online
1329894726100687959

Di zaman sekarang ini menjual barang bisa dilakukan melalui internet. Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Misalnya baju, mainan anak, sepatu, komputer dan aksesorisnya, kosmetik sampai dengan perhiasan bisa kita beli secara online melalui internet.

Dengan adanya toko online, penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi tanpa harus bertatap muka secara langsung. Hal ini akan menjadikan transaksi menjadi lebih cepat dan mudah. Tentunya membuat toko online mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Di Indonesia sendiri sudah banyak bermunculan toko online. Dan sekarang, sepertinya toko-toko online semakin populer dan banyak dikenal oleh masyarakat. Dengan demikian, bisa kita sebut jika belanja secara online sudah mulai menjadi kegiatan yang lazim bagi masyarakat Indonesia. Dan mungkin juga, trendnya akan terus meningkat.

Beberapa situs toko online atau online shop ternama akan masuk sebagai contoh dalam artikel saya ini. Di antaranya adalah Toko Bagus, Dino Market, dan G Market. Ketiga situs online itu hadir sebagai swalayan online. Hampir semua produk tersedia di halaman situs mereka.

Kembali lagi ke tulisan awal, toko online sedikit banyak juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Mengupas satu per satu, catatan ini berdasarkan pengamatan saya dengan maksud untuk berbagi pengetahuan saja, kita mulai dari Toko Bagus.

Toko Bagus

[caption id="attachment_164432" align="aligncenter" width="400" caption="http://www.tokobagus.com/ "]

1329894750285165312
1329894750285165312
[/caption] Sebagaimana tertulis dalam halaman situsnya, Toko Bagus adalah pusat jual beli online terbesar di Indonesia. Tempat untuk mencari barang baru dan bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, pertalatan rumah tangga, aneka jasa dan juga lowongan kerja.

Toko Bagus memiliki sejumlah kelebihan. Untuk para penjual, pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Toko Bagus. Iklan Anda akan dilihat oleh ratusan ribu orang setiap harinya. Bertransaksi di Toko Bagus, baik jual maupun beli tidak dikenakan biaya, semua disediakan gratis.

Toko Bagus.com berperan sebagai pihak ketiga dimana pembeli dapat menitipkan barang jualannya berupa gambar-ganbar produk yang akan dijual sehingga dapat dilihat oleh calon konsumen. Foto-foto itu bisa diberi keterangan atau informasi mengenai produk dan juga harga jualnya.

Kemudian, Toko Bagus juga dapat dimanfaatkan oleh para usahawan kecil dan menengah untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak secara umum. tokobagus swalayan online berbasiskan internet.

Sejumlah kekurangan juga dimiliki oleh Toko Bagus, misalnya saja banyaknya pemasang iklan hingga persaingan antar penjual terasa sangat ketat. Begitu juga dengan foto-foto produk yang dipajang, jumlahnya mungkin ribuan. Jadi ada kemungkinan kesempatan calon konsumen untuk melihat foto produk kita cukup kecil.

Bagi konsumen juga, perlu ekstra waspada. Karena ada kemungkinan juga pemasang iklan yang memanfaatkan jasa Toko Bagus tidak serius berdagang, justru hendak melakukan penipuan. Ingat, Toko Bagus berperan sebagai pihak ketiga, transaksi dilakukan langsung oleh penjual dan pembeli. Pun begitu, saya rasa kewaspadaan ini juga berlaku untuk situs-situs belanjan online yang yang lain. Karena pada dasarnya, pada toko online, penjual dan pembeli tidak bertemu langsung.

Dino Market

[caption id="attachment_164433" align="aligncenter" width="400" caption="http://www.dinomarket.com/ "]

13298947771326463826
13298947771326463826
[/caption] Dino Market melalui Toko Dinonya adalah layanan e-commerce profesional yang dikelola secara eksklusif. Dino Market memiliki misi untuk memberikan produk-produk terbaik dengan harga terbaik dan didukung oleh pelayanan yang terbaik untuk.

Pengalaman belanja online yang mudah dan menyenangkan serta bebas resiko untuk produk-produk yang apik, baru, asli dan bergaransi resmi, dengan harga yang kompetitif, disertai dengan segudang diskon dan promo merupakan konsep dari Dino Market.

[caption id="attachment_164434" align="aligncenter" width="600" caption="Program promo di Dino Market"]

13298948001723306487
13298948001723306487
[/caption] Sejumlah kelebihan ditawarkan oleh Dino Market. Berbelanja online di melalui situs online shop yang stau ini sangat mudah dan nyaman, dilengkapi dengan fasilitas pembayaran yang aman dan fleksibel. Kemudian juga pemesanan sangat mudah, hanya dengan 2-3 klik saja, lalu ada jaminan keaslian produk, tersedia berbagai program promosi dan diskon menarik, dan lain sebagainya.

Sementara itu, beberapa hal yang boleh dikata menjadi kekurang kecil dari Dino Market misalnya penjual harus selalu memantau produknya, bahkan disarankan juga untuk login setiap hari. Jika pedagang yang dimaksud cukup sibuk, tentu hal ini akan sangat merepotkan karena harus selalu menunggui dagangannya.

Kemudian juga, Dino Market melalui Toko Dino berperan sebagai fasilitator, sehingga kesepakatan transaksi benar-benar dilakukan langsung oleh penjual dan pembeli. Dalam hal ini juga ada kesempatan untuk munculnya tindakan penipuan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, perlu kewaspadaan dan ketelitian juga, terutama untuk calon pembeli. Beruntungnya, untuk mencegah tindakan penipuan, Dino Market sudah memberi saran-saran yang bisa dibaca oleh calon pembeli, agar bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman.

GMarket

[caption id="attachment_164435" align="aligncenter" width="400" caption="http://www.gmarket.co.id/ "]

1329894828880926971
1329894828880926971
[/caption] Gmarket berasal dari Korea, pada Mei 2011 lalu Gmarket berekspansi lagi dengan membuka situs online shopnya di Malaysia dan Indonesia. Gmarket di Indonesia pemodalannya bersifat PMA, semuanya dikontrol penuh oleh pihak Korea, di mana orang-orangnya di sini kebanyakan adalah sales representatives.

Salah satu kelebihan Gmarket di Indonesia untuk merchant adalah pilihan melakukan linkage dengan negara-negara lain yang sudah memiliki Gmarket, kecuali Korea. Dengan demikian, Anda yang membuka toko di Gmarket memiliki kesempatan untuk berekspansi ke satu negara di antara Singapura, Jepang dan Malaysia. Sebaliknya, untuk konsumen juga bisa mendapat barang-barang luar negeri melalui GMarket. Bahkan harga yang ada sudah dikonversi menjadi rupiah.

Di Gmarket, setiap seller memiliki status yang berkaitan dengan reputasi dan berbanding lurus dengan perlakuan Gmarket ke seller tersebut. Seller pemula akan dikenakan 12% fee setiap transaksi di mana pembayaran (atas transaksi yang terjadi) dilakukan setiap dua minggu. Semakin tinggi tingkatan seller, semakin rendah pula fee-nya dan semakin cepat pula pembayaran dilakukan.

Status tertinggi adalah power seller, yang ditentukan oleh banyaknya testimoni positif dan jumlah barang yang dipesan melalui Gmarket. Tidak ada fee lain, selain yang sudah ditentukan, untuk segala kegiatan promosi ataupun pembayaran. Pembayaran saat ini bisa melalui kartu kredit dan PayPal, sementara Gmarket Indonesia sedang mengurus formula pembayaran melalui debit (via Internet Banking).

Secara tampilan, format Gmarket, seperti halnya kebanyakan situs dari Asia Timur lainnya memang terlihat terlalu fancy dan cheesy. “Tidak keren” kalau orang Indonesia bilang, dan ini bisa masuk dalam katagori kekurangan GMarket.

Tag : bisnis, toko online, bisnis online 2012, gmarket, dino market, toko bagus, tips belanja online, jualan online, baju anak online, bisnis internet, kekurangan toko online, online shop terbaik

Kunjungi blog saya

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x