Mohon tunggu...
Moehammad Gustavie
Moehammad Gustavie Mohon Tunggu...

that's a simple man of quality, creativity, surgent. My blog : http://gustav-econimics.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mengenal Wihte Balance Pada Kamera!!

29 September 2011   07:34 Diperbarui: 26 Juni 2015   01:30 601 0 1 Mohon Tunggu...

sumber : http://gustav-econimics.blogspot.com/2011/09/mengenal-wihte-balance-pada-kamera.html

sumber : Google saat ini kamera sudah menjadi trend bagi setiap orang, hampir setiap orang yang ada di dunia ini pasti memiliki kamera baik itu kamera digital,kamera handphone,kamera pocket,atau pun kamera yang sedang trend sekarang yaitu kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) atau kamera yang mengandalkan reflek dari lensa. kamera di ciptakan dengan lensa sebagai visiualisasi dari mata yang dapat merekam moment tertentu sesuai dengan keinginan kita, namun lensa tidak sesempurna mata manusia sebagai contoh jika kita melihat kertas berwarna putih, dalam keadaan apapun warna yang terlihat dari kertas tetap berwarna putih, berbeda dengan kamera warna yang tertangkap oleh kamera itu sangat berpengaruh dengan pencahayaan dan temperatur yang ada di sekitar objek.

sumber : Google ketiga foto diatas adalah foto yang identik, bahkan ketiganya berasal hanya dari satu foto. Saya hanya mengubah setting white balance-nya dan hasilnya: ketiganya sangat berbeda warnanya. Foto A tampak sangat kebiruan, foto B terlihat cukup normal dan foto C terlihat kekuning-kuningan. perhatikan warna cahaya lampu neon dan lampu bohlam, beda bukan? itu karena masing-masing neon dan bohlam memiliki ”temperatur warna“ yang berbeda. Cahaya yang kekuningan (bohlam) disebut hangat sementara cahaya yang kebiruan (neon) disebut dingin. jadi tujuan setting white balance adalah memerintahkan kamera agar mengenali temperatur sumber cahaya yang ada. Supaya yang putih terlihat putih, merah terlihat merah dan hijau terlihat hijau, atau dengan kata lain agar kamera merekam warna obyek secara akurat dalam kondisi pencahaayan apapun. cara pengaturan white balance (WB) pada setiap kamera jelas berbeda, jika anda tidak menemukan pengaturan WB pada kamera anda kembali ke buku manual, namun kalau anda masih bingung gunakan pengaturan auto WB walaupun tidak sebagus settingan namual namun setidak nya lebih baik. bagaimana cara setting manual WB?? pada kamera nikon,canonn,sony,olympus,dan semua jenis SLR menyediakan fasilitas setting white balance manual. Setting manual adalah cara paling akurat jika kita bingung dengan temperatur warna sumber cahaya kita. Ini biasanya terjadi dalam pemotretan dengan sumber pencahayaan yang lebih kompleks (lebih dari satu jenis temperatur warna).

sumber : Google kita bisa memanfaatkan kertas putih untuk tujuan ini. Set white balace mode di custom atau manual, kemudian arahkan kamera supaya membidik kertas ini kemudian jepret. Kamera akan mendeteksi warna putih dan menyimpan temperaturnya, akan muncul konfirmasi di layar LCD kamera kalau setting sudah OK. cara yang lebih mudah dan akurat adalah dengan menggunakan aksesoris tambahan yang bernama expodisc atau kenko, harganya berkisar dari Rp. 800 ribu s/d Rp. 1,5 Juta. Anda bisa membeli-nya di toko-toko kamera di Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. semoga artikel yang saya tuis dapat bermanfaat ^^

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x