Mohon tunggu...
gumintang aqsalsebastian
gumintang aqsalsebastian Mohon Tunggu... Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknik. Universitas Jember

Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknik. Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Apa Itu Analisis Input Output dalam Ekonomi Wilayah?

10 November 2019   22:22 Diperbarui: 10 November 2019   22:24 0 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam ilmu ekonomi wilayah dan dalam perencanaan pembangunan ekonomi perlu adanya penentuan prioritas kegiatan antara sektor perekonomian. Karena pada dasarnya sebuah sektor itu tidak berdiri sendiri akan tetapi saling berkaitan satu sama lainnya. Kemajuan suatu sektor tidak akan bisa dicapai sendiri, kemajuan suatu sektor tidak luput dari bantuan sektor yang lain sehingga dalam hal ini akan saling membantu dalam memajukan sektor-sekto perekonomian yang masih terbelakang agar bisa menjadi lebih baik dengan adanya bantuan dari sektor-sektor yang lain.

Analisis Input-Output yaitu merupakan keterkaitan antara suatu sektor dengan sektor yang lain dalam kegiatan perekonomian. Analisis ini menjelaskan tentang kegiatan ekspor dimana terdapat backward linkage (keterkaitan ke belakang) yang merupakan produksi suatu komoditas dan terdapat forward linkage (keterkaitan ke depan) yang merupakan kegiatan pelayanan.

Dari hubugan keterkaitan depan dan belakang seperti apa yang sudah dijelaskan di atas, kedua hubungan ini bertujuan untuk mengetahui dampak terhadap pertumbuhan ekonomi dalam suatu wilayah. Dengan adanya keterkaitan antar sektor akan berdampak terhadap pertumbuhan dari outputnya. Misalkan setiap produk yang diproduksi pasti membutuhkan input agar produk tersebut dapat dihasilkan dan dimaksimalkan produksinya. Hasil dari produksi ini bisa langsung dapat dinikmati  maupun dapat dikonsumsi atau sebagai input untuk menghasilkan produk yang lain atau juga bisa untuk input produk yang sama pada periode yang selanjutnya.

Adapun manfaat yang ada pada analisis ini yaitu dapat dipergunakan sebagai daya tarik serta untuk daya pendorong dari setiap sektor yang ada. Manfaat yang lain yaitu sebagai alat untuk melihat suatu permasalahan yang ada di suatu sektor secara komprehensif. Serta manfaat yang terakhir yaitu sebagai alat untuk menghitung kebutuhan tenaga kerja serta modal dalam sebuah perencanaan pembangunan ekonomi wilayah.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x