Mohon tunggu...
Guido Arisso
Guido Arisso Mohon Tunggu... Insinyur - Penikmat Ko͝pce

[https://www.kompasiana.com/tag/cengkeh] [https://www.kompasiana.com/tag/porang]

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Cara Mengendalikan Hama pada Tanaman Cengkeh [Bagian I]

24 November 2021   21:05 Diperbarui: 25 November 2021   13:38 325 19 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi pohon cengkeh/dokpri

Kemarin malam ada seorang sahabat taruna kebun menayakan kepada saya tentang cara pengendalian hama pada tanaman cengkeh. Ihwal baru-baru ini tanaman cengkehnya yang baru berusia 3 tahun mati. Lalu, saya membantunya dengan memberikan sebuah jawaban. Dan jawaban itu jugalah yang akan saya babarkan dalam tulisan ini.

Sebagai informasi, keseluruhan bangunan tulisan ini nantinya akan saya bagi ke dalam 2 [dua] bagian guna memudahkan teman-teman yang lain dalam mencari informasi seputar cara menanggulangi hama pada tanaman cengkeh.

Perlu diketahui terlebih dulu bahwa, tanaman cengkeh bisa saja hidup selama 30 sampai 50 tahun apabila mampu melewati dua masa kritis.

Masa kritis pertama yakni ketika tanaman berusia 2 hingga 3 tahun. Sementara masa kritis kedua adalah ketika berusia 8 sampai 10 tahun.

Maka dari itu, diperlukan pemeliharaan dan perawatan yang intensif pada masa-masa kritis tersebut. Jika tidak, maka tanaman cengkeh kita rentan sekali terkena hama.

Karena biar bagaimanapun, keberadaan hama sangat berpengaruh pada keberlangsungan hidup tanaman cengkeh kita. Bahkan bila merujuk pada kasus pohon cengkeh milik sahabat saya, serangan hama ini dapat menyebabkan kematian pada pohon.

Lebih lanjut, hama pada tanaman cengkeh bisa menyerang baik di areal persemaian bibit [dalam bentuk polybag/kokeran] maupun di sekitar areal penanaman.

Yang paling sering biasanya terjadi di areal penanaman. Yakni, tanaman sering diserang oleh hama penggerek batang dan ranting, rayap, jamur akar, penyakit pucuk busuk, penyakit ganggang, tanaman mati bujang [umur muda] dlsb.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan tatkala ingin mengendalikan serangan hama  pada tanaman cengkeh. Baik itu secara biologis maupun secara mekanis.

Namun, bila kita perhatikan di lapangan, selama ini para petani bisanya mengendalikan serangan hama dengan cara mekanis, yaitu mengganggu siklus perkembang-biakan hama dengan cara penyemprotan insektisida atau fungisida.

Jenis hama pada tanaman cengkeh dan cara memberantasnya

1. Hama penggerek batang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan