Mohon tunggu...
Reba Lomeh
Reba Lomeh Mohon Tunggu... Peminat Pertanian, Sosbud dan Filsafat

🌳

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

5 Hal Ini yang Membuat Bemo di Flores Keren Mama Sayang e

1 September 2020   19:43 Diperbarui: 2 September 2020   14:23 1085 51 33 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Hal Ini yang Membuat Bemo di Flores Keren Mama Sayang e
Ilustrasi bemo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores (Sumber gambar: almostitalian.blog)

Mari kita awali bulan September ini dengan cerita yang ceria-ceria ya. Gimana, sepakat? Oke, kali ini saya ingin mengajak pembaca sekalian untuk kepoin hal-hal menarik seputar bemo di Flores.

Baidewei, bemo itu apaan sih, anjay? Bemo itu sebutan lain untuk komodo..ehh.. maksud saya untuk angkot, gan! Ya, tersebab umumnya orang diluar Flores mengenal bemo sebagai angkot.

Ada beberapa hal dasariah yang membedakan bemo di tempat saya dengan di daerah kalian teman-teman. Ya, meski dalam hal ini fungsi utamanya masih sama, yakni sebagai alat transportasi dan sarana mengangkut penumpang.

Kendati demikian, bemo di tempat saya terbilang menarik karena:

Pertama, sebagian besar bemo-bemo ini telah dimodifikasi selepas 'bongkar dos'. Meski dalam hal ini tanpa merubah keseluruhan bentuk pabrikannya.

Modifikasi yang dilakukan biasanya berkutat seputar hal-hal enteng namun hasilnya anjay banget. Seperti dengan menaikkan kembali soknya, mengganti pelek, mencat ulang dengan warna berbeda, mengganti peralatan sound systemnya dan lain-lain.

Hal ini dilakukan agar tampil beda, atau kami di Flores menyebutnya 'tampil healdop'. Sisi lain, agar para penumpang tidak bingung dan dapat dengan mudahnya membedakan bemo yang satu dengan yang lain. Kira-kira begitu.

Kedua, umumnya bemo-bemo di Flores dilengkapi dengan peralatan musik yang lengkap. Mulai dari parametik, bassfire hingga power amplifier. Sementara untuk speakernya, rata-rata menggunakan subwoofer polytron PSW 500 dan ada juga yang dirakit sendiri.

Nah, perihal bunyi, nendang banget, anjay! 

Dengan peralatan sound system yang memadai tersebut, biasanya menjadi daya tarik tersendiri bagi para penumpang. Terkhusus di tengah kalangan muda mudi, tentu saja.

Sehingga tidak aneh rasanya bila bemo-bemo yang secara sound system-nya lengkap, bakal tidak pernah sepi penumpang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x