Mohon tunggu...
Andi Gita
Andi Gita Mohon Tunggu... Mahasiswa

Techonology Information' 19

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Metode Pembelajaran Hologram

10 Oktober 2019   07:08 Diperbarui: 10 Oktober 2019   08:05 0 0 0 Mohon Tunggu...

Teknologi saat ini sudah tidak dibendung lagi perkembangannya, kita sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Di era ini sudah mulai banyak teknologi yang diciptakan oleh manusia dan dikembangkan secara seksama agar dapat memberikan hasil yang sempurna. Kali ini, saya ingin membahas teknologi yang dapat membantu pembelajaran orang-orang menjadi lancar yaitu "Metode Pembelajaran Hologram". Mungkin dari kita banyak yang belum mengenal apa itu "Hologram". Hologram adalah hasil rekayasa optik yang dapat terlihat secara nyata. Teknologi hologram sangat memungkinkan untuk ada di era saat ini, karena kita dapat melihat bagaimana sebuah hasil rekayasa optik itu terlihat seperti nyata, dan hologram ini dapat kita gerakkan secara 360 derajat hingga kita dapat melihat bagian-bagian detail yang dinginkan.

Teknologi hologram sangat diperlukan dalam bidang pendidikan karena, dengan teknologi ini dapat membantu Guru yang mengajar siswanya tentang pelajaran dan siswa yang akan mengenali konsep pembelajarannya dengan mudah. Hologram akan dimunculkan melalui Komputer yang sudah dimodifikasi khusus untuk hologram, Guru bisa menjelaskan materi pelajaran mereka dengan dibantu sinar yang memunculkan gambar hologram tersebut. Guru akan membimbing siswanya dalam mengikuti konsep pembelajaran berbasis hologram, dengan begitu para siswa akan mudah mengerti dengan konsep pembelajaran tersebut.

Metode pembelajaran hologram ini akan sangat membantu di masa depan. Bagaimana tidak, para siswa akan merasa sangat tertantang dalam konsep pembelajaran yang sangat menarik ini. Mereka akan merasa puas dan paham dengan materi yang disampaikan oleh Guru mereka. Metode pembelajaran hologram ini juga dapat memunculkan rasa penasaran mereka, mereka dapat mengerakkan hologram tersebut secara 360 derajat sehingga dapat melihat bagian detail yang dinginkan, mereka juga dapat merasakan hasil rekayasa optik yang dibuat dan memunculkan suara yang ada pada hologram tersebut.

Menurut saya, metode ini sangatlah dibutuhkan di masa sekarang dan di masa depan, karena dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini kita anggap membosankan. Siswa akan bekerja sangat aktif dalam mencari ilmu mereka, mereka dapat berinteraksi secara nyata dengan objek pembelajaran yang ada di hologram. Metode pembelajaran hologram ini harus lebih dikembangkan lagi agar bisa diterapkan di masa depan. (TI19PALU)