Mohon tunggu...
Kompasianer METTASIK
Kompasianer METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Hobi itu Madu atau Racun?

3 Desember 2022   06:20 Diperbarui: 3 Desember 2022   06:22 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi itu Madu atau Racun? (gambar: jumpstartmag.com, diolah pribadi)

Menurut KBBI, hobi adalah kata benda yang juga diartikan sebagai kegemaran, maupun kesenangan istimewa di waktu senggang. Setiap orang pasti punya hobi, bahkan terkesan wajib. Buktinya, dibutuhkan untuk mengisi biodata atau formulir.

Hobi juga bisa disebut segala sesuatu yang disukai, disenangi, dicintai. Bisa merupakan kegiatan seperti menulis, olahraga, memasak, menyanyi, memancing, atau berupa benda seperti mengumpulkan barang antik atau koleksi tanaman bonsai, dan lain-lain.

Terkadang kesuksesan seseorang berawal dari hobi, namun tidak jarang kegagalan juga berawal dari hobi. Apalagi jika yang tidak terkendali atau berlebihan. Hobi juga penting dalam kehidupan sosial sekaligus menghilangkan kejenuhan setelah menjalani rutinitas yang padat. Mengisi waktu luang, mencari teman baru, ngopi bareng, bertukar informasi, tentu saja berguna untuk menambah wawasan.

Suatu hari ada seseorang yang bertanya kepada penulis. Bagaimana awal mulanya usaha tanaman hias ini? Penulis menjawab dari "hobi." Selama ini setiap bulan menyisihkan uang untuk membeli beberapa koleksi tanaman, lama kelamaan dibudidayakan sendiri dan dirawat dengan kasih sayang. Akhirnya menjadi semakin banyak, dan banyak yang berminat.

Melihat kesempatan tersebut, penulis pun menjadikannya usaha sampingan. Nyatanya sangat menjanjikan bahkan melebihi ekspektasi. Betapa bahagia rasanya. Benar ya, sesuatu yang dilakukan dengan senang dan bahagia, pasti memberikan hasil yang baik.

Ketika seseorang telah menyukai suatu hobi maka segala masalah yang merintangi hobi tersebut terasa mudah dan ringan, walaupun terkadang susah dan ribet. Perasaan senang dan cinta itu memberikan energi dan motivasi dalam diri untuk melakukannya. Nah, inilah yang penulis sebut dengan "madu" atau manfaat memiliki hobi. Lalu apa sih manfaat memiliki hobi;

Mengurangi stres atau kepenatan rutininas sehari-hari

Memiliki hobi itu sangat menyenangkan, seseorang akan berusaha mencari waktu untuk melakukannya, mencari teman yang se-frekuensi untuk sejenak melepaskan kepenatan. Melakukan aktivitas yang menyenangkan, membuat pikiran lebih segar, gembira dan badan lebih sehat. Ketika badan sehat, pikiran cenderung bahagia. Ketika rasa gembira muncul maka stres pun berkurang walaupun hanya sejenak. 

Meningkatkan energi positif untuk kesehatan jasmani dan pikiran

Hobi yang positif dapat menumbuhkah energi positif, yaitu semangat pantang menyerah dalam menghadapi segala masalah dan rintangan. Ketika seseorang menyukai sebuah aktivitas, walaupun dalam kondisi kurang sehat, tetap dipaksakan untuk melakukannya sehingga kesehatan jasmani tetap terjaga. Kemudian ketika pikiran sedang suntuk atau stres, hobi dapat menjadi obat untuk meletakkan sejenak apa yang menjadi beban pikiran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun